Kepemimpinan Visioner dalam Peningkatan Mutu Lulusan di SMK PGRI 2 Ponorogo

Imaan, Muhammad Abdul Majid Lazimul (2020) Kepemimpinan Visioner dalam Peningkatan Mutu Lulusan di SMK PGRI 2 Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
E theses_Muhammad Abdul Majid L.I.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mutu lulusan dalam lembaga pendidikan, merupakan kualitas pencapaian hasil dari segi akademik maupun non akademik. Salah satu faktor yang dapat memengaruhi terhadap keberhasilan mutu lulusan adalah kepemimpinan yang memiliki visi. Pemimpin tersebut menjadikan visi organisasi sebagai antisipasi dan proyeksi bagi masa depan yang tidak menentu. Pemimpin yang bervisi atau visionery leadership memiliki peran sebagai penentu arah, agen perubahan, juru bicara, pelatih.
Adapun lokasi penelitian yang diteliti yakni SMK PGRI 2 Ponorogo. Alasan pemilihan lokasi tersebut, karena lembaga ini merupakan lembaga umum yang berbasisi pondok pesantren. Selain itu lembaga ini memperhatikan perkembangan peserta didik meliputi kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Sehingga, pada tahun 2018/2019 lembaga ini merupakan lembaga tertinggi yang lulusannya terserap ke dunia kerja sebanyak 96%.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, adapaun dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sehingga penelitian ini menghasilkan bahwa, (1) kepala sekolah sebagai penentu arah memberikan kebijakan yang difokuskan pada kempetensi siswa dalam segi spiritual, akademik, dan dunia kerja. (2) kepala sekolah sebagai agen perubahan memberikan inovasi-inovasi yang tertuju pada perkembangan kemampuan teknisi peserta didik, keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan, pembentukan karakter, dan kewirausahaan. (3) kepala sekolah sebagai juru bicara melakukan sosialisasi visi dan keunggulan lembaga dengan melibatkan seluruh elemen lembaga. (4) kepala sekolah sebagai pelatih memberikan pelatihan kepada tenaga kependidikan dan peserta didik. Semua hal tersebut sebagai upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan di SMK PGRI 2 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jun 2020 02:20
Last Modified: 17 Jun 2020 02:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10443

Actions (login required)

View Item View Item