Peningkatan Budaya Membaca Dan Menulis Melalui Program Literasi Sekolah Bagi Siswa SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo

Nisa', Awwalia Khoirun (2020) Peningkatan Budaya Membaca Dan Menulis Melalui Program Literasi Sekolah Bagi Siswa SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
PERPUS UPLOAD.pdf

Download (788kB) | Preview

Abstract

Nisa’, Awwalia Khoirun. 2020. Peningkatan Budaya Membaca Dan Menulis Melalui Program Literasi Sekolah Bagi Siswa SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo. Skripsi. Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing. Dr. M. Syafiq Humaisi, M. Pd.
Kata Kunci: Budaya Membaca, Budaya Menulis, Literasi Sekolah
Membaca merupakan suatu kegiatan melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis dan menulis adalah proses penyampaian pikiran, perasaan dalam bentuk lambang/tanda/tulisan yang bermakna. Pengertian literasi yaitu kemampuan membaca, menulis, berbicara dan menyimak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) upaya meningkatkan budaya membaca dan menulis melalui program literasi sekolah bagi siswa SMPN 1 Sambit Ponorogo. 2) dampak program literasi terhadap peningkatan budaya membaca dan menulis siswa SMPN 1 Sambit Ponorogo. 3) faktor pendukung dan penghambat peningkatan budaya membaca dan menulis melalui program literasi sekolah bagi siswa SMPN 1 Sambit Ponorogo.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif (qualitative research) yang berusaha menuangkan data yang diperoleh dalam bentuk analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini berupaya melihat berbagai elemen yang terjadi di SMPN 1 Sambit dalam melaksanakan gerakan literasi sekolah yang berkaitan dengan peningkatan budaya menulis dan membaca siswa, baik dari sisi kualitas pelaksanaan maupun kualitas output gerakan literasi sekolah tersebut. Teknik pegumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan peneliti lakukan meliputi uji credibility, transferability, dependability, dan confirmability.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) upaya SMP N 1 Sambit dalam meningkatkan budaya baca tulis siswa melalui program literasi sekolah dilakukan secara menyeluruh, yaitu; (a) kegiatan pembiasaan, dengan teknis pelaksanaan sebagai berikut program One Month One Book. Kegiatan membaca, menulis, meringkas dan menyampaikan informasi dilaksanakan 15 menit sebelum pelajaran, diampu oleh guru jam pertama yang bertugas membimbing siswa menyusunan laporan hasil dalam jurnal baca; (b) mengoptimalkan peran perpustakaan dan pojok baca; (c) mendayagunakan mading; (d) mengikutsertakan siswa yang berbakat dalam ajang perlombaan; (e) mengevaluasi hal-hal yang menunjang kegiatan literasi; (f) memberikan reward pada siswa yang rajin dalam berliterasi. 2) Dampak Program Literasi Sekolah terhadap peningkatan budaya membaca dan menulis siswa yaitu; (a)program ini sangat membantu pihak sekolah karena dapat menjadi pendukung program kurikuler; (b) perpustakaan lebih hidup kembali; (c) siswa pasif menjadi siswa aktif; d) siswa memiliki wawasan yang luas dan kepercayaan diri, serta kecerdasan akan terasah dan akan tajam pada akhirnya. 3) Faktor pendukung peningkatan budaya baca tulis siswa melalui program literasi yaitu kepedulian guru memanfaatkan perpustakaan didalam kegiatan belajar mengajar, kegiatan Muhadoroh, sarana prasarana, Peran aktif semua warga sekolah. Faktor penghambat yaitu kesulitan mengoptimalkan kegiatan pembiasaan, perawatan operasional pojok baca masih belum maksimal, penggunaan handphone, bahan bacaan perpustakaan yang masih terbatas, antusiasme siswa dan para guru tidak diimbangi dengan kedisiplinan oleh keduanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Jun 2020 01:45
Last Modified: 18 Jun 2020 01:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10435

Actions (login required)

View Item View Item