Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Air Minum Isi Ulang di Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo

Badriyah, Lailiatul (2020) Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Air Minum Isi Ulang di Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
upload e thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata kunci: Etika Bisnis Islam, Produksi, Penjualan.
Persaingan bisnis yang ketat membuat para pelaku bisnis melakukan persaingan yang kurang sehat, yang hanya mementingkan keuntungan dalam berbisnis. Dalam jual beli terdapat etika bisnis Islam yang harus dilakukan oleh setiap pedagang, hal yang penting adalah kejujuran karena jujur adalah puncak moralitas iman seseorang yang beragama. Dan berbohong adalah kemunafikan dalam diri seorang yang mempunyai iman. Seperti praktik jual beli yang dilakukan oleh pelaku usaha air minum isi ulang di Kecamatan Ponorogo dimana pelaku usaha tidak menjalankan proses produksi dan penjualan sesuai dengan prosedur yang ada. Hal ini dilakukan karena tingkat penjualan air minum isi ulang sangat tinggi sehingga membuat pelaku usaha melakukan kecurangan.
Dari latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai; Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap proses produksi air minum isi ulang di Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo dan Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap proses penjualan air minum isi ulang di Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan peneliti yaitu Pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dianalisis menggunakan metode indukatif, yaitu proses berfikir dari fakta empiris yang didapat dari lapangan (berupa data lapangan) yang kemudian dianalisis, ditafsirkan dan berakhir dengan kesimpulan terhadap permasalahan berdasarkan pada data lapangan tersebut.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses produksi air minum isi ulang ada yang sudah sesuai dan ada yang belum sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam, sebab pelaku usaha tidak mengganti secara rutin alat filter dan lampu ultraviolet air minum isi ulang. Selain itu pada produksi air minum isi ulang juga ada beberapa depo yang melanggar etika bisnis Islam dalam proses produksi yakni larangan produksi yang mengarah pada kedzaliman. Sedangkan proses penjualan air minum isi ulang ada yang sudah sesuai dan ada yang belum sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam dimana beberapa depo tidak memberikan informasi yang jelas perihal kualitas air, dan menyetok air minum isi ulang di galon. Selain itu pada penjualan air minum isi ulang ada yang melanggar etika bisnis islam dalam proses penjuala yakni larangan ghara>r dan tadlis

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Noviana
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jun 2020 01:51
Last Modified: 17 Jun 2020 01:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10434

Actions (login required)

View Item View Item