Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Kelas Rendah Melalui Pendidikan Ramah Anak di SD Negeri Mojorayung 01 Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun

Ferawati, Diah Ayu (2020) Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Kelas Rendah Melalui Pendidikan Ramah Anak di SD Negeri Mojorayung 01 Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210616014_DIAH AYU FERAWATI.pdf

Download (874kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ferawati, Diah Ayu. 2020. Peran Guru dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Kelas
Rendah melalui Pendidikan Ramah Anak di SD Negeri Mojorayung 01 Kecamatan
Wungu Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing, Dr. Moch. Miftachul Choiri, M.A.
Kata Kunci: Peran Guru, Karakter Religius, Pendidikan Ramah Anak
Peran guru di sekolah sangat penting dalam penanaman dan pembentukan karakter siswa.
Salah satu karakter yang harus dibentuk, yang merupakan dasar dari karakter yang lain adalah
karakter religius. Karakter religius merupakan karakter yang menunjukkan bahwa setiap pikiran,
perkataan,dan perbuatan yang dilakukan oleh seseorang selalu berdasarkan pada nilai-nilai
Ketuhanan dan ajaran agama yang dianutnya. Maka dari itu, karakter religius sangat penting
untuk ditanamkan pada siswa di sekolah sebagai tempat pendidikan formal. Salah satu cara
untuk membentuk karakter religius siswa di sekolah yaitu dengan melalui pendidikan ramah
anak. Pendiddikan ramah anak yaitu pendidikan yang dapat membuat rasa nyaman, aman, sehat,
dan kondusif, menerima anak apa adanya dan menghargai potensi anak. Di SD Negeri
Mojorayung 01 Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun merupakan salah satu Sekolah Ramah
Anak yang menerapkan pendidikan ramah anak.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peran guru sebagai pembimbing
dalam pembentukan karakter religius siswa kelas rendah melalui pendidikan ramah anak di SD
Negeri Mojorayung 01 Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun, (2) mendeskripsikan peran guru
sebagai teladan dalam pembentukan karakter siswa kelas rendah melalui pendidikan ramah anak
di SD Negeri Mojorayung 01 Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun, dan (3) mendeskripsikan
faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi pembentukan karakter religius siswa kelas rendah
melalui pendidikan ramah anak di SD Negeri Mojorayung 01 Kecamatan Wungu Kabupaten
Madiun.
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Mojorayung 01 Kecamatan Wungu Kabupaten
Madiun dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik
pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik interaktif Miles &
Huberman yang langkah-langkahnya sebagai berikut yaitu reduksi data, display data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) peran guru sebagai pembimbing karakter
religius siswa kelas rendah melalui pendidikan ramah anak yaitu guru selalu mengingatkan dan
menasihati siswa setiap saat agar tidak melakukan kekerasan dan juga selalu melakukan ibadah
yang harus dilakukan. (2) Peran guru sebagai teladan dalam pembentukan karakter religius siswa
kelas rendah melalui pendidikan ramah anak yaitu dengan cara memberi contoh kepada siswa
melalui ikut dalam pembiasaan-pembiasaan yang ada di sekolah. (3) Faktor-faktor eksternal
yang mempengaruhi dalam pembentukan karakter religius siswa kelas rendah melalui
pendidikan ramah yaitu sebagai berikut. (a) Pendidikan sangat berpengaruh dalam pembentukan
karakter religius siswa kelas rendah karena sekolah sebagai tempat pendidikan yang
melaksanakan budaya mutu sangat memperhatikan pembentukan karakter dengan melalui
pembiasaan-pembiasaan yang ada sehingga siswa mudah untuk diarahkan pada hal-hal yang
positif. (b) Lingkungan sebagai tempat bergaul siswa juga sangat berpengaruh terhadap
pembentukan karakter religius siswa kelas rendah. Karakter religius siswa kelas rendah tidak
hanya dibentuk melalui pendidikan di sekolah, akan tetapi lingkungan keluarga dan lingkungan
masyarakat juga sangat berpengaruh terhadap karakter religius siswa kelas rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moch. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2020 01:57
Last Modified: 16 Jun 2020 01:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10421

Actions (login required)

View Item View Item