upaya guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini melalui model pembelajaran sentra bermain peran di kelompok bermain (kb) merak ponorogo

Sumarno, Sumarno (2020) upaya guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini melalui model pembelajaran sentra bermain peran di kelompok bermain (kb) merak ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SUMARNO_211116038.pdf

Download (935kB) | Preview

Abstract

Sumarno, 2019. Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajaran Sentra Bermain Peran Di KB Merak Ponorogo.
Skripsi, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Mukhlison Effendi, M.Ag.
Kata Kunci: Upaya Guru, Kreativitas, Anak Usia Dini, Sentra Bermain Peran
Kreativitas merupakan suatu proses mental individu yang melahirkan gagasan, proses, yang efektif yang bersifat imajinatif, estetis, fleksibel, integrasi, suksesi, diskontinuitas, dan diferensiasi untuk pemecahan suatu masalah atau dapat menciptakan suatu hal yang baru dan yang belum pernah dijumpai bagi individu sendiri. Kreativitas sangat penting dengan demikian perlu dikembangkan sejak dini karena kreativitas sangat berperan atau berpengaruh penting terhadap aspe-aspek perkembangan anak usia dini. Dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini perlu diperhatikan untuk model maupun stra
tegi pembelajarannya. Faktanya di Kelompok Bermain (‘KB) Merak Ponorogo dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini menggunakan model pembelajaran sentra bermain peran, melalui pembelajaran tersebut kreativitas anak dapat berkembang sekaligus dapat berimajinasi dengan bebas.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini melalui model pembelajaran sentra bermain peran di Kelompok Bermain (KB) Merak Ponorogo; dan 2) faktor penghambat dan pendukung dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini melalui model pembelajaran sentra bermain peran di Kelompok Bermain (KB) Merak Ponorogo.
Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data, dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data mengikuti konsep yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari analisis data disimpulkan bahwa: (1) Upaya guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini melalui setra bermian peran, guru selalu menekankan untuk memberikan kegaitan yang bervariasi. Dengan menggunakan kegiatan yang bervariasi ini bertujuan agar anak tidak monoton fokus ke satu kegiatan kemudian selain itu juga agar anak memiliki dorongan imajinasi atau menuangkan imajinasinya untuk memerankan skenario sekreatif mugkin. Kegiatan bermain peran variasi adalah kegaiatan yang terkonsep dan tidak terkonsep, kegiatan ini memiliki perbedaan di tema kegaiatan terkonsep yaitu tema dan skenarionya terstruktur kemudian yang tidak terkonsep yaitu temanya tidak terstruktur atau
iv
bermain peran secara abstrak. Guru juga menerapkan pembelajaran secara berulang-ulang agar anak memahami dan tidak kebingungan dalam memahami kegiatannya. (2) faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini melalui sentra bermain peran adalah pertama untuk faktor pendukung dengan adanya fasilitas yang memadai kemudian komunikasi antar guru yang baik, tema yang terstruktur dan didukung oleh teknologi internet dengan itu guru dapat belajar dengan luas tentang pengetahuan sentra bermain peran. kedua untuk faktor penghambatnya yaitu keterbatasan pengetahun guru tentang pembelajaran sentra bermain peran karena tidak semua guru lulusan S1 PAUD dan karena keterbatasan guru dalam pengetahuan tenteng bermain tersebut anak-anak sulit untuk dikondisikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2020 02:07
Last Modified: 16 Jun 2020 02:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10414

Actions (login required)

View Item View Item