internalisasi nilai-nilai akhlak dalam al-qur’an melalui metode sorogan terhadap santri pondok pesantren hudallāh jl. wilis no. 24 nologaten ponorogo

sari, fuat amiliya (2020) internalisasi nilai-nilai akhlak dalam al-qur’an melalui metode sorogan terhadap santri pondok pesantren hudallāh jl. wilis no. 24 nologaten ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ETHESES FUAD.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Amiliya Sari, Fuat. 2020. Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak dalam al-Qur’an Melalui Metode Sorogan Terhadap Santri di Pondok Pesantren Hudallāh Jl. Wilis No. 24 Nologaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing. Ahmad Nu’man Hakiem, M. Ag.
Kata Kunci: Internalisasi nilai-nilai, Akhlak, Metode Sorogan.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh santri Pondok Pesantren Hudallāh yang sebagian besar sudah bisa membaca al-Qur’an, namun akhlak Qur’ani belum benar-benar terefleksikan dalam diri santri. Penerapan metode sorogan di Pondok Pesantren Hudallāh ini bisa menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Walaupun metode ini termasuk metode tradisional namun metode ini juga efektif menginternalisasikan nilai-nilai akhlak dalam al-Qur’an untuk semua usia.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan penelitian di Pondok Pesantren Hudallāh ini adalah untuk mengetahui: 1.) Pembelajaran al-Qur’an di Pondok Pesantren Hudallāh Nologaten Ponorogo; 2.) Pelaksanaan Internalisasi Nilai-nilai Akhlak dalam al-Qur’an terhadap Diri Santri Melalui Metode Sorogan di Pondok Pesantren Hudallāh Nologaten Ponorogo; 3.) Respon dan Pengalaman Santri terhadap Internalisasi Nilai-nilai Akhlak dalam al-Qur’an dengan Metode Sorogan di Pondok Pesantren Hudallāh Nologaten Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yaitu dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian di Pondok Pesantren Hudallāh Nologaten Ponorogo, ditemukan bahwa: 1.) Pola Pembelajaran al-Qur’an di Pondok Pesantren Hudallāh menggunakan metode sorogan yaitu santri maju satu per satu untuk menyetorkan bacaan al-Qur’an disertai dengan penjiwaan dari ayat-ayat yang dibaca, untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal butuh waktu yang panjang, keistiqomahan, dan kesabaran, serta totalitas dalam berproses baik fisik maupun jiwanya; 2.) Pelaksanaan Internalisasi Nilai-nilai Akhlak dalam al-Qur’an terhadap Diri Santri Melalui Metode Sorogan di Pondok Pesantren Hudallāh yaitu dengan hikmah, mauidhoh hasanah, kisah-kisah, teladan yang diberikan guru, teman yang baik, dan kegiatan di luar sorogan yang semuanya mendukung santri agar bisa menjadi wujud dari akhlak mulia sesuai dengan petunjuk al-Qur’an; 3.) Respon dan Pengalaman Santri menunjukkan bahwa Internalisasi Nilai-nilai Akhlak dalam al-Qur’an dengan Metode Sorogan di Pondok Pesantren Hudallāh sangat efektif diterapkan, hal ini terlihat dari perbaikan kualitas mengaji al-Qur’an yang dibarengi dengan perbaikan kualitas akhlak dalam diri santri, meskipun belum maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Nu'man Hakiem
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2020 01:48
Last Modified: 16 Jun 2020 01:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10412

Actions (login required)

View Item View Item