analisa manajemen risiko terhadap pembiayaan mikro di bri syariah kantor cabang pembantu ngawi

Sa'idah, Rodhotus (2020) analisa manajemen risiko terhadap pembiayaan mikro di bri syariah kantor cabang pembantu ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI E-THESIS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sa’idah, Rodhotus, 2020. “Analisa Manajemen Risiko Terhadap Pembiayaan Mikro di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Ngawi”. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Unun Roudlotul Janah, M.Ag.

Kata kunci: Kredit Macet, Rescheduling, Restructuring.

Sebuah organisasi atau perusahaan sudah sepantasnya menyadari bahwa pengelolaan risiko sangat penting sehingga perlu memiliki sistem manajerial yang mampu meminimalir segala kemungkinan risiko yang akan terjadi. Perusahaan memerlukan manajemen risiko yang baik untuk meningkatkan produk-produk yang dijalankan terutama pembiayaan mikro. BRI Syariah KCP Ngawi harus bisa mempertahankan keunggulan produk pembiayaan mikro dengan tidak terjadi pembiayaan macet. Jika masih ada pembiayaan macet meskipun hanya 1 nasabah, maka akan merusak keunggulan tersebut. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) Bagaimana analisis manajemen risiko terhadap kredit macet pada pembiayaan mikro di BRI Syariah KCP Ngawi? (2) Bagaimana solusi yang dilakukan untuk mengatasi kredit macet pada pembiayaan mikro di BRI Syariah KCP Ngawi?
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan secara deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data wawancara secara langsung kepada unit head mikro dan staff marketing. Objek yang diteliti adalah manajemen risiko terhadap kredit macet dan solusinya pada pembiayaan mikro di BRI Syariah KCP Ngawi.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat persamaan dan perbedaan antara teori dan penerapan yang sesungguhnya. BRI Syariah KCP Ngawi sudah melakukan manajemen risiko yang baik dalam meminimalisir risiko kredit macet. Tetapi dalam menyelesaikan kredit macet BRI Syariah KCP Ngawi hanya melakukan rescheduling saja tidak menerapkan reconditioning dan restructuring karena takut akan memberatkan nasbah dan menjadi risiko tinggi untuk bank.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudlotul Janah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2020 01:45
Last Modified: 16 Jun 2020 01:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10409

Actions (login required)

View Item View Item