analisis pengaruh harga, promosi, dan pelayanan terhadap keputusan pembelian air minum isi ulang burdah water

Sari, Iin Indah (2020) analisis pengaruh harga, promosi, dan pelayanan terhadap keputusan pembelian air minum isi ulang burdah water. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-IIN INDAH .pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sari, Iin Indah. Analisis Pengaruh Harga, Promosi, dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Isi Ulang Burdah Water. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ika Susilawati, SE., M.M.

Kata kunci : Harga, Promosi, Pelayanan, dan Konsumen
Pengambilan keputusan pembelian yang banyak digunakan adalah pengambilan keputusan berdasarkan bauran pemasaran. Dalam Islam konsep pengambilan keputusan pembelian lebih ditentukan pada sifat adil dan berhati-hati dalam menerima informasi. Proses keputusan konsumen untuk membeli dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya adalah harga, promosi, dan pelayanan. Harga adalah jumlah semua nilai yang diberikan oleh konsumen untuk memperoleh keuntungan atas kepemilkian suatu produk atau jasa, standar harga dalam bisnis Islam, yaitu tidak adanya penindasan. Promosi yaitu suatu kegiatan memperkenalkan barang baru agar dapat diterima oleh konsumen serta digunakan untuk meningkatkan tingkat penjualan. Pelayanan dapat didefinisikan dengan sesuatu yang tidak tampak namun dapat dirasakan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Apakah harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian air minum isi ulang burdah water? (2) Apakah promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian air minum isi ulang burdah water? (3) Apakah pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian air minum isi ulang burdah water? (4) Apakah harga, promosi, dan pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian air minum isi ulang burdah water?
Metode penelitian yang digunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan bantuan program komputer SPSS 21.0. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Chocran (sampling insidental) diperoleh 96 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan metode analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji korelasi, uji linier sederhana, regresi linear berganda, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian air minum isi ulang burdah water. Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian air minum isi ulang burdah water. Begitu juga dengan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian air minum isi ulang burdah water. Sedangkan hasil penelitian bersamaan harga, promosi, dan pelayanan secara simultan mempengaruhi keputusan pembelian air minum isi ulang burdah water.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Susilawati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2020 01:40
Last Modified: 16 Jun 2020 01:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10406

Actions (login required)

View Item View Item