Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah Hasil Spin-Off dan Bank Umum Syariah Hasil Konversi Berdasarkan Rasio Rentabilitas Periode 2016-2018.

Rini, Ratna Puspita (2020) Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah Hasil Spin-Off dan Bank Umum Syariah Hasil Konversi Berdasarkan Rasio Rentabilitas Periode 2016-2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-RATNA PUSPITA RINI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rini, Ratna Puspita, 2020. “Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah Hasil Spin-Off dan Bank Umum Syariah Hasil Konversi Berdasarkan Rasio Rentabilitas Periode 2016-2018.” Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ruliq Suryaningsih, M.Pd.

Kata kunci : ROA, NOM, NI.

Restrukturisasi merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan pangsa pasar bank syariah yaitu dengan menerbitkan peraturan tentang pembentukan bank syariah yang dapat dilakukan dengan cara spin-off, akuisisi, dan konversi. Spin-off lebih baik dilakukan dibandingkan konversi jika dilihat dari segi dampaknya, karena konversi dapat memberikan dampak yang kurang baik maka tidak sesuai dengan tujuan restrukturisasi perusahaan. Namun apabila dilihat dari proses pembentukannya, konversi lebih ringan dan sederhana serta membutuhkan modal yang lebih sedikit. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) Apakah terdapat perbedaan kinerja keuangan Bank Syariah hasil spin-off dan Bank Syariah hasil konversi periode 2016-2018 dilihat dari rasio Return On Asset (ROA)? (2) Apakah terdapat perbedaan kinerja keuangan Bank Syariah hasil spin-off dan Bank Syariah hasil konversi periode 2016-2018 dilihat dari rasio Net Operation Margin (NOM)? (3) Apakah terdapat perbedaan kinerja keuangan Bank Syariah hasil spin-off dan Bank Syariah hasil konversi periode 2016-2018 dilihat dari rasio Net Imbalan (NI)?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan kinerja keuangan Bank Umum Syariah hasil spin-off dan Bank Umum Syariah hasil konversi dilihat dari rasio ROA, NOM, dan NI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif komparatif. Sedangkan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dimana teknik penentuan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah semua laporan keuangan Bank Syariah hasil spin-off dan hasil konversi dengan sampel laporan keuangan tahunan Bank Syariah hasil spin-off dan hasil konversi tahun 2016-2018.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pembentukan bank syariah lebih baik dilakukan dengan cara konversi karena rasio ROA dan NI bank syariah hasil konversi lebih baik dibandingkan bank syariah hasil spin-off, walaupun rasio NOM nya kurang baik. Sehingga bank harus meningkatkan jumlah asetnya agar rasio NOM juga mengalami peningkatan dan berada pada peringkat yang lebih baik. Selain itu jika dilihat dari proses pembentukannya, konversi lebih ringan dan lebih sederhana dibandingkan spin-off, dan biayanya pun lebih sedikit.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ruliq Suryaningsih
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2020 02:08
Last Modified: 16 Jun 2020 02:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10405

Actions (login required)

View Item View Item