Peningkatan kemampuan bahasa anak usia dini melalui metode bercerita menggunakan media boneka tangan (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas A3 tk islam khairiah jimbe Jenangan Ponorogo)

Rusono, Rusono (2020) Peningkatan kemampuan bahasa anak usia dini melalui metode bercerita menggunakan media boneka tangan (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas A3 tk islam khairiah jimbe Jenangan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Rusono Upload.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rusono. 2020. “Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Boneka Tangan (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas A3 dengan Tema Api, Air, Udara di TK Islam Khairiah Jimbe, Jenangan Ponorogo)”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Dr. Mambaul Ngadimah, M.Ag
Kata Kunci: Anak Usia Dini, Kemampuan Bahasa, Metode Bercerita, Media Boneka Tangan.
Kemampuan bahasa anak usia dini secara tuntas masih kurang diperhatikan oleh kebanyakan guru, sehingga cenderung hanya menggunakan metode monoton yang menyebabkan perkembangan bahasa anak kurang maksimal. Sedangkan kemampuan bahasa anak usia dini merupakan asas terhadap perkembangan bahasa baik dalam menyimak, mengenel suara karakter, menceritakan kembali cerita yang didengar, menjawab pertanyaan sesuai pertanyaan serta menggulang kalimat sederhana dijenjang selanjutnya.
Rumusan masalah dari penelitian ini yakni: Bagaimana peningkatan kemampuan bahasa anak usai dini melalui metode bercerita dengan media boneka tangan di kelas A3 TK Islam Khairiah Jimbe Jenangan Ponorogo?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terbagi menjadi tiga siklus dengan tahapan masing-masing siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.
Penelitian ini menyimpulkan peningkatan bahasa anak usia dini melalui metode bercerita dengan media boneka tangan di kelas A3 TK Islam Hhairiah Jimbe Jenangan Ponorogo adalah pada siklus I meningkat dengan rerata 50% dengan rincian menyimak 81%, mengenal suara karakter 44%, menceritakan kembali 25%, menjawab pertanyaan 25%, mengulang kalimat sederhana 81%. Pada siklus ke II meningkat dengan rerata 67%, dengan rincian menyimak 88%, mengenal suara karakter 62%, menceritakan kembali 44%, menjawab pertanyaan 50%, mengulang kalimat sederhana 94%. Pada siklus III meningkat dengan rerata 82%, dengan rincian menyimak 94%, mengenal suara 94%, menceritakan kembali 62%, menjawab pertanyaan 81%, mengulang kalimat sederhana 94%.
Dengan demikian penerapan metode bercerita menggunakan media boneka tanggan direkomendaikan untuk diterapkan sebagai media dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini usia 4-5 tahun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mambaul Ngadimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2020 01:58
Last Modified: 16 Jun 2020 01:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10397

Actions (login required)

View Item View Item