model pengawasan keuangan blud dalam meningkatkan akuntabilitas di smk negeri i jenangan ponorogo

Rianti, Anik (2020) model pengawasan keuangan blud dalam meningkatkan akuntabilitas di smk negeri i jenangan ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Anik_E-thesisPdf 2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

model pengawasan keuangan blud dalam meningkatkan akuntabilitas di smk negeri i jenangan ponorogo
ABSTRAK
Keberadaan akuntabilitas merupakan unsure pokok dalam penerapan tata kelola Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), mekanisme pengawasan keuangan dalam pendidikan di daerah sangat penting untuk terwujudnya pemerintahan yang baik. Sehingga penyimpangan dan memanipulasi Surat Perintah Jalan (SPJ) dengan kuitansi fiktif tidak dapat dilakukan lagi. SMK Negeri I Jenangan Ponorogo menerapkan model pengawasan keuangan administrasi dan model pengawasan manajerial semata-mata untuk menciptakan akuntabilitas baik pertanggung jawaban dari pimpinan kepada bawahannya, dan pertanggungjawaban dari pimpinan kepada pemerintah daerah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pengawasan administrasi keuangan BLUD dalam meningkatkan akuntabilitas di SMKN 1 Jenangan Ponorogo. (2) Mendeskripsikan pengawasan pengelola keuangan manajerial BLUD dalam meningkatkan akuntabilitas di SMKN 1 Jenangan Ponorogo.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus di SMK Negeri I JenanganPonorogo. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis dengan model interaktif yang dilakukan dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) pengawasan administrasi keuangan BLUD di SMK Negeri I Jenangan Ponorogo terdiri dari tiga bentuk pengawasan keuangan pertama, pengawasan keuangan jasa layanan BLUD; kedua, pengawasan keuangan pemanfaatan asset BLUD; ketiga, pengawasan keuangan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan. Pengawasan administrasi keuangan BLUD di SMK Negeri I Jenangan Ponorogo dilakukan tiap pimpinan bertujuan untuk meningkatkan akuntabilitas kebawah (downward accountability) di mana setiap pimpinan dalam berbagai tingkatan harus selalu mengkomunikasikan dan mensosialisasikan berbagai kebijakan kepada bawahannya supaya dipahami dan dilaksanakan oleh seluruh pegawai; (2) Pengawasan keuangan manajerial di SMK Negeri I Jenangan Ponorogo terdiri dari pengawasan pejabat pengguna anggaran, pejabat piñata usahan keuangan dan pejabat teknis, dan pembantu pelaksana pengelola keuangan, barang daerah, dan system informasi non PNS terdiri dari pelaksana pembantu PPK, operator sippol, operator E-planing, E-budgeting, operator simbada, operator sibaku, pembantu pengurus barang asset. Pengawasan keuangan manajerial dilakukan untuk meningkatkan akuntabilitas keatas (upward accountability) dengan adanya kewajiban melaporkan pertanggung jawaban dari pemimpin puncak kepimpinan daerah bagian BPKAD Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Mambaul Ngadhimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Jun 2020 01:53
Last Modified: 16 Jun 2020 01:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10392

Actions (login required)

View Item View Item