Zuhri, Andri Fahruddin (2020) Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan (Studi Kasus di MAN 2 Ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
New Revisi Thesis fix All (Panduan Baru) - upload.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Zuhri, Andri Fahruddin. 2020. Manajemen Peserta Didik Dalam Peningkatan Kualitas Lulusan di MAN 2 Ponoroggo. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Agama Islam. Program Passcasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Miftahul Ulum
Kata Kunci : Manajemen Peserta Didik, Mutu Lulusan
Persoalan sumber daya manusia semakin menjadi perhatian utama bagi pemerintah. Kualitas dan talenta yang dimiliki tiap individu kian dipandang sebagai kunci pertumbuhan, inovasi dan penciptaan lapangan kerja. Namun realitanya masih banyak ditemukan permasalahan mengenai rendahnya kualitas pendidikan di negara kita, sehingga menyebabkan terjadinya kualitas lulusan yang kurang bisa ikut berkompetisi dalam dunia global seperti saat ini. Hal tersebut tidak bisa lepas dari peran penting lembaga pendidikan dalam mendidik anak-anak untuk menjadi generasi bangsa yang tangguh dan unggul. Sekolah yang berkualitas merupakan sekolah yang memiliki berbagai macam keunggulan, baik dari segi kurikulum, pendidik, sarana prasarana, kualitas layanan maupun mutu lulusan. Hal tersebut tidak terlepas dari bagaimana sekolah mampu memaksimalkan dalam mengelola siswa-siswinya didalam sekolah. Berdasarkan permasalahan di atas, terdapat lembaga pendidikan yang mampu mengelola siswa-siswinya dengan baik sehingga mampu mencetak lulusan yang berkompeten, unggul seerta siap bersaing dalam dunia global seperti saat ini, yaitu Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan bagaimana proses rekrutmen sehingga mampu mencetak lulusan yang berkualitas di MAN 2 Ponorogo; (2) Menguraikan strategi penempatan siswa di MAN 2 Ponorogo; (3) Menerangkan pembinaan peserta didik di MAN 2 Ponorogo dalam Peningkatan kualitas lulusan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Tahap perencanaan strategi dalam proses penerimaan peserta didik baru. Ada lima jenis kegiatan untuk mengarah ke penerimaan siswa baru yaitu: SAC (Sains and Art Competeion), PSC (Pramada Schout Competition), Try Out untuk pelajar MTs dan SMP, Festival Banjari, dan IBM (Invitasi Bola MAN 2 Ponorogo; (2) Tahap penempatan siswa sesuai dengan layanan kelas yang dipilih oleh siswa; (3) Tahap terakhir dalam manajemen peserta didik di MAN 2 Ponorogo yaitu tahap pembinaan, pembinaan yang dilakukan di MAN 2 Ponorogo yang sifatnya regular dan juga eksidental.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Miftahul Ulum |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 16 Jun 2020 01:50 |
Last Modified: | 16 Jun 2020 01:50 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10390 |
Actions (login required)
View Item |