Tinjauan Maslahah Terhadap Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Ngawi Nomor 08 Tahun 2011 Tentang Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan (Studi Kasus Di Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi)

Muakhoroh, Kiswatum (2020) Tinjauan Maslahah Terhadap Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Ngawi Nomor 08 Tahun 2011 Tentang Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan (Studi Kasus Di Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
KISWATUM MUAKHOROH UPLOAD ETHESIS.pdf

Download (849kB) | Preview

Abstract

abstrak
Muakhoroh, Kiswatum, 2020. Tinjauan Maslahah Terhadap Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Ngawi Nomor 08 Tahun 2011 Tentang Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan (Studi Kasus Di Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi). Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Hj. Khusniati Rofiah, M.S.I.
Kunci: Maslahah, Peraturan Daerah, Retribusi Sampah
Penetapan hukum bertujuan untuk menciptakan kemaslahatan dan kemudahan bagi masyarakat umum. Seperti dalam implementasi penyamarataan tarif dan denda retribusi sampah bagi para wajib retribusi sebagaimana telah diatur dalam peraturan daerah Kabupaten Ngawi Nomor 08 Tahun 2011. Adanya aturan tersebut tidak dipatuhi oleh petugas pemungut retribusi dalam praktiknya di Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi. Tarif retribusi ditarik secara sama rata tanpa adanya perbedaan serta tidak ada pemberlakuan denda bagi wajib retribusi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan maslahah terhadap implementasi penetapan tarif tunggal retribusi pelayanan persampahan/ kebersihan menurut Peraturan Daerah Kabupaten Ngawi Nomor 08 Tahun 2011 Tentang Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan di Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi? (2) Bagaimana tinjauan maslahah terhadap implementasi penetapan denda retribusi pelayanan persampahan/kebersihan menurut Peraturan Daerah Kabupaten Ngawi Nomor 08 Tahun 2011 Tentang Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan di Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi?
Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan peneliti adalah metode induktif.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: pertama, Implementasi penetapan tarif tunggal retribusi pelayanan persampahan/ kebersihan di Kecamatan Jogorogo tidak sejalan dengan aturan Perda yang berlaku. Pengenaan tarif retribusi kepada wajib retribusi menyimpang dari maslahah ‘ammah. Karena dalam penarikan tarif retribusi sampah, ada beberapa wajib retribusi yang merasa dirugikan. Kedua, Implementasi penetapan denda retribusi pelayanan persampahan/ kebersihan di Kecamatan Jogorogo menyimpang maslahah ‘ammah. Alasan sebenarnya ditetapkan denda tersebut sebagai sanksi atau hukuman agar masyarakat patuh dan taat dalam membayar retribusi sampah. Namun, karena sejauh ini tidak diberlakukan denda tersebut, maka hal ini akan membuka kesempatan bagi wajib retribusi untuk melakukan pelanggaran-pelanggaran yang akan merugikan kepentingan umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khusniati Rofiah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2020 03:49
Last Modified: 15 Jun 2020 03:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10379

Actions (login required)

View Item View Item