Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Media Flash Card Siswa Kelas 3 SDN Putat 02, Geger, Madiun Tahun Ajaran 2019/2020

Nurcahyani, Arfin (2020) Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Media Flash Card Siswa Kelas 3 SDN Putat 02, Geger, Madiun Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ARFIN 6 JUNI 2020(SELESAI).pdf

Download (895kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nurcayani, Arfin. 2020. Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris
Melalui Media Flash Card Siswa di Kelas 3 SDN Putat 02 kec. Geger kab.
Madiun Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Ponorogo. Pembimbing Fenty Andriani M.Pd,.
Kata Kunci : Bahasa Inggris, Keterampilan Berbicara, Media Flash Card.
Bahasa Inggris Pada tingkat Sekolah Dasar bertujuan agar peserta didik
dapat mengembangkan kompetensi berkomunikasi dan memiliki kesadaran
tentang hakikat dan pentingnya Bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing
bangsa dalam masyarakat global. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan
kemampuan dasar yang harus dikuasai siswa berupa kemampuan berbicara
dengan benar, semakin banyak melatih berbicara dan semakin banyak melatih
kosakata yang diucapkan, akan semakin tinggi pula keterampilan bahasanya.
Pelafalan kosakata sangat penting diajarkan dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan
menggunakan media Flash Card dalam pembelajaran keterampilan berbicara
Bahasa Inggris dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa.
Tujuan melaksanakan penelitian ini adalah Untuk mengetahui proses
pembelajaran dan meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam
pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan media flash card di Kelas III
SDN Putat 02. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas
(PTK) dengan tahap-tahap sebagai berikut: perencanaan (planning), pelaksanaan
tindakan (acting), pengamatan (observing), refleksi (reflecting). Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : 1) tes, 2) praktek,
3) observasi.
Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah untuk pelaksanaan tindaakan
pertama pembelajaran belum mencapai hasil yang maksimal, hal ini dapat dilihat
masih adanya siswa yang kurang melibatkan diri dalam penggunaan media Flash
Card dan masih adanya siswa merasa bingung dengan apa yang diintruksikan
guru sehingga nilai rata-rata yang didapat siswa pada siklus I adalah 72,25,
dengan ketuntasan belajar sekitar 80%. Dengan melihat criteria ketuntasan
minimum (KKM) yang telah ditentukan di SDN Putat 02 yaitu 75, ada 16 siswa
mencapai kriteria tuntas. Adapun pada siklus II mengalami peningkatan dengan
nilai rata-rata yang didapat siswa pada siklus II adalah 90,2 dengan ketuntasan
belajar sekitar 100%.
Hasil kesimpulan peneliti bahwa keterampilan berbicara bahasa inggris di
Sd sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan melafalkan kosakata
dengan baik dan benar. Serta memiliki tujuan mengenalkan media baru yaitu
dengan media flash card. Dengan menggunakan media tersebut dalam siklus I
hasil pembelajaran memiliki prosentase 80%, dan untuk di siklus II prosentasenya
meningkat 100%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fenty Andriani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2020 02:42
Last Modified: 15 Jun 2020 02:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10375

Actions (login required)

View Item View Item