Penanaman Nilai-nilai Karakter Cinta Tanah Air Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Kearifan Lokal Reog Ponorogo di MI Ma'arif Polorejo Babadan Ponorogo

Rohmawati, Evi (2020) Penanaman Nilai-nilai Karakter Cinta Tanah Air Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Kearifan Lokal Reog Ponorogo di MI Ma'arif Polorejo Babadan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
e theses Evi Rohmawati PGMI 210616187.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rohmawati, Evi. 2020. Penanaman nilai-nilai karakter cinta tanah air melalui kegiatan ekstrakurikuler berbasis kearifan lokal Reog Ponorogo di MI Ma'arif Polorejo Babadan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ali Ba'ul Chusna, M. SI..
Kata Kunci: Karakter, cinta tanah air, Ekstrakurikuler, Kearifan Lokal, Reog Ponorogo
Degradasi nilai-nilai karakter yang terjadi saat ini, dampaknya berimbas pada menurunnya nilai cinta tanah air seseorang. Lunturnya karakter cinta tanah air, salah satunya dibuktikan dengan adanya peserta didik yang tidak hafal lagu kebangsaan Indonesia Raya, banyak dari mereka saat ini lebih menyukai kebudayaan-kebudayaan asing yang masuk ke bangsa ini, seperti halnya grup musik asal Eropa, Korea (K-pop), drama televisi (K-drama), film, K-fashion. Maka dari itulah, mengapa kini banyak orang menginginkan agar sekolah semakin meningkatkan kepeduliannya pada pendidikan karakter. Penanaman pendidikan karakter cinta tanah air di MI Ma'arif Polorejo, salah satunya dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler yang berbasis kearifan lokal Reog Ponorogo.
Adapun penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tentang pelaksanaan ekstrakurikuler berbasis kearifan lokal Reog Ponorogo di MI Ma’arif Polorejo (2) mendeskripsikan nilai-nilai karakter cinta tanah air yang terdapat pada kegiatan ekstrakurikuler Reog Ponorogo di MI Ma’arif Polorejo (3) menjelaskan implikasi ekstrakurikuler berbasis kearifan lokal Reog Ponorogo terhadap sikap cinta tanah air peserta didik di MI Ma’arif Polorejo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis Milles dan Hubberman.
Dari analisis data ditemukan (1) pelaksanaan ekstrakurikuler Reog Ponorogo di MI Ma’arif Polorejo dilaksanakan setiap hari Jumat setelah istirahat, pukul 09.00 - pukul 10.30 WIB. Anggota ekstrakurikuler Reog Ponorogo di MI Ma'arif Polorejo terdiri dari peserta didik kelas IV, V dan VI yang mengikuti peminatan ekstrakurikuler reog. (2) nilai-nilai karakter yang termuat dalam ekstrakurikuler reog di MI Ma'arif Polorejo adalah kepahlawanan, kewiraan, pribadi yang tangguh, moral yang baik, kedisiplinan, mencintai kesenian lokal dan melestarikan budaya lokal, (3) Implikasi kegiatan ekstrakurikuler berbasis kearifan lokal reog Ponorogo terhadap karakter cinta tanah air peserta didik sudah dapat diamati, meliputi: terkadang peserta didik mampu menunjukkan sikap tanggung jawab, kerja sama yang baik, pantang menyerah dalam mencapai cita-citanya, memiliki pribadi yang tangguh dan baik, menunjukkan moralitas yang baik, kedisiplinan yang baik, memiliki rasa cinta terhadap kesenian reog, ikut andil melestarikan kesenian reog dan banyak meluangkan waktu untuk kegiatan reog.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ali Ba'ul Chusna
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2020 02:09
Last Modified: 15 Jun 2020 02:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10369

Actions (login required)

View Item View Item