Nilai Budaya Dalam Foto Jurnalistik Pada Rubrik EXPOSURE Di Koran Jawa Pos Radar Madiun Edisi Imlek 18 Februari 2018 (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Fariji, Fariji (2020) Nilai Budaya Dalam Foto Jurnalistik Pada Rubrik EXPOSURE Di Koran Jawa Pos Radar Madiun Edisi Imlek 18 Februari 2018 (Analisis Semiotika Roland Barthes). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
fariji,Foto Jurnalistik adalah gambar yang dihasilkan lewat proses fotografi untuk menyampaikan suatu pesan atau informasi peristiwa yang menarik bagi publik dan disebarluaskan melalui media massa. Surat kabar Jawa Pos Radar Madiun menyajikan peristiwa hari besar nasional yang dikemas dalam foto essai yakni rubrik EXPOSURE. Pada edisi “Menjadi Yang Lebih Baik” menampilkan foto-foto kegiatan dan ritual Imlek.
Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini 1.) Makna denotasi pada lima foto bertemakan “Menjadi Diri yang Baru” di rubrik EXPOSURE pada koran Jawa Pos Radar Madiun edisi 18 Februari 2018? 2.) Makna konotasi pada lima foto bertemakan “Menjadi Diri yang Baru” di rubrik EXPOSURE pada koran Jawa Pos Radar Madiun 3.) Makna mitos pada lima foto bertemakan “Menjadi Diri yang Baru” pada rubrik EXPOSURE pada koran Jawa Pos Radar Madiun?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, adapun subjek penelitian adalah foto jurnalistik yang ada di rubrik EXPOSURE edisi Imlek.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan spesifikasi penelitian analisis semiotika Roland Barthes yang mengacu pada dua tanda yakni konotasi dan denotasi kemudian menghasilkan mitos agar bisa memahami makna nilai budaya yang terkandung dalam rubrik EXPOSURE.
Hasil dari penelitian 1.) Makna denotasi bahwa ritual Imlek dapat memberikan makna yang sangat sesuai dengan ajaran Tionghoa. 2.) Makna konotasi banyak ditemukan makna dan nilai kehidupan yang memberikan keberkahan dan kebahagiaan ditahun mendatang. 3.) Makna mitos, warga tionghoa sangat mempercayai sebuah bentuk ajaran yang beredar dan terus bergulir dari mulai nenek moyang hingga saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muslih Aris Handayani
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2020 02:06
Last Modified: 15 Jun 2020 02:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10365

Actions (login required)

View Item View Item