Tinjauan Etika Bisnis Islam Dan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terhadap Proses Produksi Gula Aren Di Dusun Glagahombo Desa Kasihan Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan

Widayati, Lestari (2020) Tinjauan Etika Bisnis Islam Dan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terhadap Proses Produksi Gula Aren Di Dusun Glagahombo Desa Kasihan Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_LESTARI WIDAYATI_HES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Widayati, Lestari, 2020. Tinjauan Etika Bisnis Islam dan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terhadap Proses Produksi Gula Aren Di Dusun Glagahombo Desa Kasihan Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan. Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Niswatul Hidayati M.HI.

Kata kunci: Etika Bisnis Islam/Undang-Undang Perlindungan Konsumen/ Produksi/Gula Aren.

Etika Bisnis Islam dan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen merupakan pedoman bagi para produsen dalam melakukan kegiatan produksinya. Memuat berbagai larangan dan Batasan bagi para pelaku usaha hal ini tentu berkaitan dengan proses produksi gula aren yang ada di Dusun.Glagahombo Desa .Kasihan, Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan yang dalam proses penderesan dan produksinya menggunakan bahan sabun merk Sabun Batang Garuda dan pemanis buatan bermerk Tiga T.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam dan Undang-Undang No.8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen terhadap proses penyadapan nira aren dalam proses pembuatan gula aren di Dusun Glagahombo, Desa Kasihan, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan? (2) Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam dan Undang-Undang No.8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen terhadap pencampuan zat kimia dalam proses pembuatan gula aren di Dusun Glagahombo, Desa Kasihan, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan?

Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan tekhnik pengumpulan data yang digunakan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif yaitu pembahasan yang diawali dengan mengemukakan dalil-dalil, teori-teori atau ketentuan yang bersifat umum dan selanjutnya dikemukakan kenyataan yang bersifat khusus.

Dari penelitian ini disimpulkan proses pembuatan gula aren di Dusun Glagahombo, Desa Kasihan, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan yang mengguakan sabun dalam proses penyadapan nira aren bertentangan dengan etika bisnis Islam dan Undang-Undang perlindungan konsumen. Sedangkan penggunaan bahan tambahan pemanis buatan ini meskipun tidak setiap produksi digunakan hal ini tidak bisa diterima dan tetap merupakan perilaku yang menyimpang dari etika bisnis Islam dan Undang-Undang perlindungan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Niswatul Hidayati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2020 02:13
Last Modified: 15 Jun 2020 02:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10363

Actions (login required)

View Item View Item