Pengaruh Bagi Hasil Tabungangan Mudharabah Dan Deposito Mudharabah Terhadap Laba Bersih Bank Umum Syariah

Imanah, Romita Yunia (2020) Pengaruh Bagi Hasil Tabungangan Mudharabah Dan Deposito Mudharabah Terhadap Laba Bersih Bank Umum Syariah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Romita Yunia.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Imanah, Romita Yunia, 2020. “Pengaruh Bagi Hasil Tabungan Mudharabah dan Deposito Mudharabah Terhadap Laba Bersih Bank Umum Syariah.” Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Luhur Prasetiyo, M.E.I

Kata Kunci: simpanan, penghimpun dana, pendapatan

Tujuan utama didirikannya perusahaan adalah untuk memperoleh laba atau profit. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi laba yang diterima oleh bank syariah adalah penghasilan, beban, dan hak pihak ketiga atas bagi hasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bagi hasil tabungan mudharabah terhadap laba bersih Bank Umum Syariah, dan untuk mengetahui pengaruh bagi hasil deposito mudharabah terhadap laba bersih Bank Umum Syariah, serta untuk mengetahui pengaruh tabungan mudharabah dan deposito mudharabah secara bersama-sama terhadap laba bersih Bank Umum Syariah.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif yang berupa angka-angka dan pasti, sehingga data dapat dianalisis dengan menggunakan statistik. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Bank Umum Syariah, dan sampel yang dipilih adalah Bank Muamalat Syariah, Mandiri Syariah, BNI Syariah, BRI Syariah, dan Bank Mega Syariah. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah dengan purposive sampling, Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan triwulan periode 2017-2018. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda.
Berdasarkan hasil uji t, menjelaskan bahwa bagi hasil tabungan mudharabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih Bank Umum Syariah. Ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 4.383 > 2,021 ttabel dan nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang artinya Ha1 diterima. Akan tetapi, bagi hasil deposito mudharabah tidak n berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih Bank Umum Syariah. Ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 0,288<2,021 ttabel, dan nilai signifikan 0,775 > 0,05 yang artinya Ha2 ditolak. Sedangkan secara simultan antara bagi hasil tabungan mudharabah dan deposito mudharabah terhadap laba bersih Bank Umum Syariah, berpengaruh positif dan signifikan. Dibuktikan dengan nilai Fhitung 19.223>3,24 Fabel ,dan nilai signifikan 0.000<0,05 maka Ha3 diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luhur Prasetiyo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2020 02:02
Last Modified: 15 Jun 2020 02:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10360

Actions (login required)

View Item View Item