Pengaruh Religiusitas dan Kepercayaan Terhadap Preferensi Menabung Pada Bank Syariah Dengan Pelayanan Sebagai Variabel Moderasi Studi Pada Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah FEBI IAIN Ponorogo

Khairiyah, Nanda Puja Oktavia (2020) Pengaruh Religiusitas dan Kepercayaan Terhadap Preferensi Menabung Pada Bank Syariah Dengan Pelayanan Sebagai Variabel Moderasi Studi Pada Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah FEBI IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SIAP UPLOAD E-THESIS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Khairiyah, Nanda Puja Oktavia, 2020. “Pengaruh Religiusitas dan Kepercayaan Terhadap Preferensi Menabung Pada Bank Syariah dengan Pelayanan Sebagai Variabel Moderasi Studi Pada Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah FEBI IAIN Ponorogo”. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Luhur Prasetyo..
Kata Kunci: Judgment, Pengetahuan, Keyakinan, Service.
Preferensi merupakan salah satu perilaku konsumen. Preferensi juga diartikan sebagai rasa lebih suka pada sesuatu dibandingkan pada yang lainnya. Berdasarkan teori, preferensi menabung ditentukan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu faktor religiusitas, kepercayaan, dan pelayanan. Permasalahannya dalam penelitian ini sesuai dengan hasil wawancara terhadap mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah FEBI IAIN Ponorogo, religiusitas dan kepercayaan justru tidak mempengaruhi preferensi menabung mereka pada bank syariah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah religiusitas berpengaruh terhadap preferensi menabung, apakah kepercayaan berpengaruh terhadap preferensi menabung, apakah pelayanan berpengaruh terhadap preferensi menabung, apakah pengaruh religiusitas terhadap preferensi menabung dimoderasi oleh pelayanan, apakah pengaruh kepercayaan terhadap preferensi menabung dimoderasi oleh pelayanan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh religiusitas dan kepercayaan terhadap preferensi menabung pada bank syariah dengan pelayanan sebagai variabel moderasi. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sedangkan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah incidental sampling dimana teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah FEBI IAIN Ponorogo angkatan 2016 hingga 2019 yang berjumlah 981 mahasiswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 91 responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh variabel religiusitas sebesar (30,1%), variabel kepercayaan sebesar (18%), variabel pelayanan sebesar (41,8%) terhadap preferensi menabung pada bank syariah. Kemudian variabel pelayanan sebagai variabel moderasi memperkuat pengaruh variabel religiusitas terhadap variabel preferensi menabung dibuktikan dengan meningkatnya nilai R square dari 30,1% menjadi 44,9%. Variabel pelayanan sebagai variabel moderasi juga memperkuat pengaruh variabel kepercayaan terhadap preferensi menabung, hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya nilai R square dari 18% menjadi 44%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luhur Prasetiyo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2020 02:06
Last Modified: 15 Jun 2020 02:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10358

Actions (login required)

View Item View Item