Analisis Strategi Pemberdayaan Petani Kopi melalui Kelompok Guyub Kopi dan Kakao Pacitan (Studi Kasus Petani Kopi Wilayah Kabupaten Pacitan)

Winartiningsih, Winartiningsih (2020) Analisis Strategi Pemberdayaan Petani Kopi melalui Kelompok Guyub Kopi dan Kakao Pacitan (Studi Kasus Petani Kopi Wilayah Kabupaten Pacitan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Winartiningsih 210716136.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Winartiningsih, Analisis Strategi Pemberdayaan Petani Kopi Melalui Kelompok Guyub Kopi dan Kakao Pacitan (Studi Kasus Petani Kopi Wilayah Kabupaten Pacitan). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syariah

Kata kunci: Pemberdayaan, strategi pemberdayaan, pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan petani kopi

Pemberdayaan masyarakat merupakan suatu proses yang mengembangkan dan memperkuat kemampuan masyarakat untuk terus terlibat dalam proses pembangunan yang berlangsung. Pemberdayaan seharusnya dibutuhkan partisipasi penuh dari masyarakat lokal untuk bergerak dan didorong menuju ke arah tujuan pemberdayaan. Namun dalam hal ini pemberdayaan pada petani kopi melalui kelompok Guyub Kopi dan Kakao Pacitan pastisipasi masyarakat untuk lebih berkembang dan berdaya masih kurang, yaitu ditunjukkan dengan rendahnya respon masyarakat dengan adanya kelompok pemberdayaan yang sudah dibentuk, sehingga muncul permasalahan pada kurang efekifnya strategi pemberdayaan yang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemberdayaan kualitas sumber daya manusia pada petani kopi melalui kelompok Guyub Kopi dan Kakao Pacitan, faktor pendukung dan penghambatnya, serta keberhasilan pemberdayaannya melalui kelompok Guyub Kopi dan Kakao Pacitan.
Penelitian pada skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan yang menggambarkan fenomena secara apa adanya dengan mencari data langsung di lapangan. Metode penelitiannya menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan mendeskripsikan, menganalisis, dan menyimpulkan hasil penelitian berdasarkan data yang diperoleh dari lapangan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pemberdayaan kualitas SDM petani kopi dilakukan dengan lima langkah yaitu memotivasi petani, meningkatkan kesadaran dan pelatihan/penyuluhan, menanamkan rasa mandiri, pengelolaan sumber daya, serta membangun jaringan pemasaran. Faktor pendukung pemberdayaan yaitu motivasi tinggi, sumber daya baik, serta ilmu pengetahuan dan pengalaman. Sedangkan fakor penghambat pemberdayaan di antaranya mindset lama petani, keterbatasan akses bibit unggulan, serta lemahnya perhatian dari pemerintah. Keberhasilan pemberdayaannya di antaranya pengetahuan dan keterampilan petani meningkat, pendapatan meningkat, solidaritas petani, serta naiknya permintaan kopi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mansur Azis
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2020 02:14
Last Modified: 15 Jun 2020 02:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10357

Actions (login required)

View Item View Item