Pengaruh Inflasi dan Suku Bunga Bank Indonesia Terhadap Margin Pembiayaan Murabahah Pada Perbankan Syariah tahun 2017-2019

Sofiani, Nina (2020) Pengaruh Inflasi dan Suku Bunga Bank Indonesia Terhadap Margin Pembiayaan Murabahah Pada Perbankan Syariah tahun 2017-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Nina Sofiani.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sofiani, Nina. 2020. Pengaruh Inflasi dan Suku Bunga Bank Indonesia Terhadap Margin Pembiayaan Murabahah Pada Perbankan Syariah Tahun 2017-2019. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Anton Sudrajat, M.A.
Kata Kunci: Kenaikan Harga, Faktor Eksternal, Margin Murabahah
Margin pembiayaan murabahah merupakan keuntungan yang diterima bank dan harus dibayarkan oleh nasabah sesuai jangka waktu yang telah disepakati. Pembiayaan berdasarkan akad murabahah masih menjadi daya tarik bagi nasabah karena pengaplikasiannya cukup mudah dibandingkan dengan produk pembiayaan yang lain. Dalam menetapkan margin/keuntungannya, bank syariah masih mempertimbangkan tingkat inflasi serta suku bunga yang diterbitkan oleh bank Indonesia. Sedangkan dalam teori ekonomi Islam bunga tidak perbolehkan. Hal inilah yang menjadi brenchmarknya perbankan syariah dalam menentukan margin pembiayaan murabahah. Rumusan masalah dalam penelitian ini 1) Apakah inflasi berpengaruh terhadap margin pembiayaan murabahah pada bank syariah pada tahun 2017-2019?, 2) Apakah suku bunga bank Indonesia berpengaruh terhadap margin pembiayaan murabahah pada bank syariah pada tahun 2017-2019?, 3) Apakah inflasi dan suku bunga bank Indonesia berpengaruh terhadap margin pembiayaan murabahah pada bank syariah pada tahun 2017-2019?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh inflasi dan suku bunga bank Indonesia terhadap margin pembiayaan murabahah pada perbankan syariah baik secara individual maupun bersama-sama. Penelitian ini menggunakan populasi data inflasi dan suku bunga bank Indonesia yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) serta margin pembiayaan murabahah yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode Januari 2017-September 2019. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan obsrvasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan koefisien determinasi (R2). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah inflasi, suku bunga bank Indonesia, dan margin pembiayaan murabahah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inflasi tidak berpengaruh signifikan terhadap margin pembiayaan murabahah. Suku bunga bank Indonesia berpengaruh signifikan terhadap margin pembiayaan murabahah. Secara simultan inflasi dan suku bunga bank Indonesia berpengaruh terhadap margin pembiayaan murabahah dengan pengaruh sebesar 61,4%. Sedangkan untuk sisanya 38,6% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anton Sudrajat
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2020 01:52
Last Modified: 15 Jun 2020 01:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10354

Actions (login required)

View Item View Item