Analisis Fikih Muamalah Terhadap Praktik Jual Beli Cengkeh (Studi Kasus Pengepul Cengkeh Desa Suluk Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun)

Suhartini, Suhartini (2020) Analisis Fikih Muamalah Terhadap Praktik Jual Beli Cengkeh (Studi Kasus Pengepul Cengkeh Desa Suluk Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SUHARTINI UPLOAD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Suhartini, 2020. Analisis Fikih Muamalah Terhadap Praktik Jual Beli Cengkeh (Studi Kasus Pengepul Cengkeh Desa Suluk Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Khairil Umami, M.S.I.
Kata kunci: Jual Beli, Sistem Pembayaran, Wanprestasi.
Kajian fikih terus mengalami perkembangan termasuk dalam hal muamalah, salah satunya adalah jual beli yang telah mengalami perkembangan baik dari segi bentuk, cara, model pembayaran maupun barang yang diperjualbelikan. Seperti praktik jual beli cengkeh yang terdapat di Desa Suluk Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun yang menerapkan dua sistem pembayaran yaitu tunai dan tempo. Dalam praktik jual beli cengkeh secara tempo ini terjadi perubahan harga yang ditentukan sepihak oleh pengepul ketika kedua belah pihak sudah berpisah tempat. Selain itu, ketika jatuh tempo pengepul tidak dapat memenuhi janjinya dikarenakan beberapa alasan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana analisis fikih muamalah terhadap sistem pembayaran dalam jual beli cengkeh di Desa Suluk Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun? (2) Bagaimana analisis fikih muamalah terhadap penyelesaian wanprestasi dalam jual beli cengkeh di Desa Suluk Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif, yaitu suatu metode yang diawali dengan menggunakan kenyataan-kenyataan yang bersifat khusus berdasarkan pengalaman nyata (ucapan, perilaku subjek maupun situasi lapangan) dari hasil riset menuju ke teori.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Sistem pembayaran dalam praktik jual beli cengkeh di Desa Suluk tersebut telah sesuai dengan fikih muamalah. Dimana sistem pembayaran secara kontan dalam praktiknya tidak terjadi permasalahan. Sedangkan sistem pembayaran secara tempo, terdapat perubahan harga di luar majelis. Perubahan harga tersebut bukan dikarenakan adanya perubahan waktu pembayaran melainkan dikarenakan ketidaksesuaian kualitas barang yang sebelumnya tidak diketahui oleh pengepul. Sehingga perubahan harga tersebut boleh hukumnya dikarenakan sesuai dengan ketentuan khiyar ‘aib dan kedua pihak juga saling mengetahui dan sepakat. 2) Proses penyelesaian wanprestasi antara pengepul dan penjual telah sesuai dengan fikih muamalah. Dimana kedua pihak lebih memilih menyelesaikan wanprestasi tersebut dengan jalan kekeluargaan (shulh). Penjual berusaha memahami alasan yang diberikan pengepul dengan memberi kesempatan dan perpanjangan waktu baik dengan cara dibayar sekaligus ataupun diangsur. Dan pengepul juga memang beritikad baik untuk melunasi pembayarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khairil Umami
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2020 02:25
Last Modified: 15 Jun 2020 02:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10352

Actions (login required)

View Item View Item