Korelasi Antara Bimbingan Orang Tua dan Pemahaman Agama Dengan Ketaatan Beribadah Siswa MTS Ma’arif Balong Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020.

Rahmawati, Ika Rosi Nur (2020) Korelasi Antara Bimbingan Orang Tua dan Pemahaman Agama Dengan Ketaatan Beribadah Siswa MTS Ma’arif Balong Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_IKA ROSI NUR RAHMAWATI_210316333_Fix.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rahmawati, Ika Rosi Nur. 2020. Korelasi Antara Bimbingan Orang Tua dan Pemahaman Agama Dengan Ketaatan Beribadah Siswa MTS Ma’arif Balong Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. H. M. Miftahul Ulum, M.Ag.
Kata Kunci: Lingkungan keluarga, pemahaman agama, dan ketaatan beribadah
Ketaatan beribadah adalah sifat patuh dan setia seorang hamba kepada Allah untuk menjalankan perintah serta meninggalkan larangan-Nya. MTs Ma’arif Balong merupakan salah satu madrasah yang berada dibawah naungan Kementrian Agama, sehingga tentu diharapkan dapat mencetak pribadi yang memiliki ketaatan beribadah yang baik. Tetapi pada kenyataannya masih ada siswa yang belum memiliki ketaatan beribadah yang diharapkan oleh madrasah. Adanya faktor lain, menyebabkan tingkat ketaatan beribadah siswa berbeda-beda, ada yang baik, cukup dan sedang. Secara umum faktor yang mempengaruhi ketaatan beribadah seseorang yaitu faktor internal salah satunya bimbingan keluarga, dan faktor eksternal salah satunya pemahaman agama. Bimbingan orang tua sangat diperlukan untuk mendukung tingkat ketaatan beribadah siswa agar lebih baik, serta pemahaman agama juga perlu ditanamkan agar siswa dapat mengaplikasikan pengetahuannya dalam kehidupan sehari-hari.
Berdasarkan uraian di atas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara bimbingan orang tua dan ketaatan beribadah siswa MTs Ma’arif Balong Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020, (2) hubungan antara pemahaman agama dan ketaatan beribadah siswa MTs Ma’arif Balong Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020, (3) hubungan antara bimbingan orang tua dan pemahaman agama dengan ketaatan beribadah siswa MTs Ma’arif Balong Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang berpedoman pada skala likert, tes pilihan ganda, serta dokumentasi. Adapun analisis teknik penelitian yaitu menggunakan korelasi product moment dan korelasi berganda. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 157 siswa dengan sampel 113 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat korelasi yang signifikan antara bimbingan orang tua dengan ketaatan ibadah siswa di MTs Ma’arif Balong tahun ajaran 2019/2020, dengan diperolehnya koefisien korelasi 41% (2) terdapat korelasi yang signifikan antara pemahaman agama dengan ketaatan ibadah siswa di MTs Ma’arif Balong tahun ajaran 2019/2020, dengan diperolehnya koefisien korelasi 30% (3) terdapat korelasi yang signifikan antara bimbingan orang tua dan pemahaman agama dengan ketaatan ibadah siswa di MTs Ma’arif Balong tahun ajaran 2019/2020dengan diperolehnya koefisien korelasi 42%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2020 01:26
Last Modified: 15 Jun 2020 03:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10325

Actions (login required)

View Item View Item