kesenian hadrah ishari sebagai media peningkatan karakter religius dan disiplin anak di lingkungan masjid baitul musholin desa polorejo kecamatan babadan kabupaten ponorogo

Arrosyid, Ubaidillah Usman (2020) kesenian hadrah ishari sebagai media peningkatan karakter religius dan disiplin anak di lingkungan masjid baitul musholin desa polorejo kecamatan babadan kabupaten ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UBAIDILLAH USMAN ARROSYID 210316278.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Arrosyid, Ubaidillah Usman. 2020. Kesenian hadrah ISHARI sebagai media peningkatan
karakter religius dan disiplin anak di lingkungan masjid Baitul Musholin desa
Polorejo kecamatan Babadan kabupaten Ponorogo.Skripsi.Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan.Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Mukhlison Efendi, M.Ag.
Kata Kunci: Hadrah, ISHARI, Karakter, Religius, Disiplin
Pendidikan karakter merupakan upaya penanaman nilai dan sikap pada pengajaran yang
sangat penting untuk membentuk insan yang berkarakter karena kekuatan moral, akhlak atau budi
pekerti individu merupakan kepribadian khusus yang membedakan dengan individu lainnya.
Kemudian yang melatar belakangi peneliti melakukan penelitian dengan adanya kegiatan kesenian
hadrah ISHARI di masjid Baitul Musholin yang bisa dikatakan merupakan kesenian Islami yang
paling lama sebelum adanya seni musik Islam yang sangat popular saat ini seperti seni hadrah Al￾banjari dan juga banyaknya antusias anak-anak dilingkungan masjid Baitul Musholin yang
mengikuti grub hadrah ISHARI ini, dan rata-rata anggota grub hadrah yang mengikuti kegiatan
hadrah ini berkisar umur mulai usia kelas satu Sekolah Dasar (SD) sampai jenjang Sekolah
Menengah Atas (SMA).
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Bagaimana persiapan kegiatan hadrah ISHARI sebagai
media peningkatan karakter religius dan disiplin anak di Masjid Baitul Musholin, (2) Bagaimana
Pelaksanaan kegiatan hadrah ISHARI sebagai media peningkatan karakter religius dan disiplin
anak di Masjid Baitul Musholin, dan (3) Bagaimana hasil kegiatan kesenian hadrah ISHARI
sebagai media peningkatan karakter religius dan disiplin anak di Masjid Baitul Musholin.
Untuk menjawab tujuan diatas, penelitian ini menggunakan teknik kualitatif yaitu proses
mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan
lapangan dan bahan-bahan lain,
Hasil analisis data ditemukan (1) Kegiatan Yasinan, Tahlil dan Latihan, kemudian
Pengecekan Alat, lalu melakukan Pemanasan atau Stretching, dan juga Persiapan H-1 Sebelum
Pentas merupakan Persiapan kegiatan hadrah ISHARI sebagai media peningkatan karakter religius
dan disiplin anak di Masjid Baitul Musholin (2) Tahlil Kubro, Hajatan Warga (Piton-piton dan
Aqiqah), dan Peringatan Hari Besar Islam merupakan pelaksanaan kegiatan hadrah ISHARI
sebagai media peningkatan karakter religius dan disiplin anak di Masjid Baitul Musholin (3) dalam
hal karakter religius adalah kehadiran anak ke masjid sudah cukup baik, bersholawat atas Nabi
Muhammad SAW, sikap sopan santun, kegiatan yang positif. Karakter disiplin, tingkat kehadiran
anak cukup baik, tepat waktu, mematuhi aturan, dan juga bertanggung jawab atas dirinya maupun
organisasinya merupakan hasil kegiatan hadrah ISHARI sebagai media peningkatan karakter
religius dan disiplin anak di Masjid Baitul Musholin.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2020 01:53
Last Modified: 15 Jun 2020 01:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10319

Actions (login required)

View Item View Item