(KESEDIAAN PUBLIKASI & PENGESAHAN BLM ADA, SILAKAN UPLOAD ULANG)..Telaah Kitab Akhlakulil Banin Karya Syaikh Umar Baradja dan Kaitannya Dengan Materi Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas I Madrasah Ibtidaiyah

Cahyanti, Niken (2020) (KESEDIAAN PUBLIKASI & PENGESAHAN BLM ADA, SILAKAN UPLOAD ULANG)..Telaah Kitab Akhlakulil Banin Karya Syaikh Umar Baradja dan Kaitannya Dengan Materi Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas I Madrasah Ibtidaiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210615063_NIKEN CAHYANTI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Cahyanti, Niken. 2020. Telaah Kitab Akhlakulil Banin Karya Syaikh Umar Baradja dan Relevansinya dengan Materi Ajar Akidah Akhlak Kelas I Madrasah Ibtidaiyah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. M. Nasrullah, MA.
Kata Kunci: Akhlak, Kitab Akhlakulil Banin, Akidah Akhlak
Akhlak merupakan salah satu materi yang harus diajarkan di Madrasah Ibtidaiyah yang terdapat dalam materi ajar Akidah Akhlak, agar para siswa mengetahui betapa pentingnya ilmu akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu, perlu adanya kajian mengenai akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Banyak kitab-kitab yang mempelajari tentang akhlak, salah satunya adalah kitab Akhlakulil Banin karya Syaikh Umar Baradja.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan isi kitab Akhlakulil Banin karya Syaikh Umar Baradja tentang materi akhlak, (2) mengetahui keterkaitans kitab Akhlakulil Banin karya Syaikh Umar Baradja dengan materi ajar Akidah Akhlak kelas I Madrasah Ibtidaiyah. Untuk menjawab pertanyaan di atas penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (library research). Dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik literer dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Materi Akhlak pada kitab Akhlakulil Banin juz I karya Syaikh Umar Baradja yang berjumlah 33 judul. Apabila dikelompokkan berdasarkan ruang lingkup akhlak yang pertama adalah akhlak terhadap Allah pada judul Allah SWT dan anak yang taat. Kedua, akhlak terhadap Rasulullah SAW pada judul Nabi Muhammad SAW. Ketiga, akhlak pribadi pada judul bagaimanakah akhlak yang harus dimiliki anak, anak yang sopan, anak harus memiliki tata krama sejak kecil, anak yang jujur, Abdullah di dalam rumahnya, sebelum pergi ke sekolah, sopan santun dalam berjalan, sopan santun murid di sekolah, bagaimana murid merawat peralatannya, bagaimana murid merawat peralatan sekolahnya, nasihat-nasihat umum 1 bagian 3, dan nasihat-nasihat umum 2 bagian 7 sampai 9. Keempat, akhlak dalam keluarga pada judul sopan santun dalam rumah, Abdullah di dalam rumahnya, ibumu yang penyayang, sopan santun terhadap ibunya, Sholeh dan ibunya, ayahmu yang penyayang, sopan santun anak terhadap ayahnya, kasih sayang ayah, sopan santun terhadap saudara-saudaranya, dua saudara yang saling mencintai, sopan santun anak terhadap kerabatnya, Musthafa dan kerabatnya Yahya, sopan santun anak terhadap pelayannya dan anak yang mengganggu. Kelima, akhlak bermasyarakat pada judul sopan santun anak terhadap para tetangganya, Hamid dan para tetangganya, sopan santun murid terhadap gurunya, sopan santun murid terhadap teman-temannya, nasihat-nasihat umum 1 bagian 1 sampai 3 dan nasihat-nasihat umum 2 bagian 5 dan 6. (2) Keterkaitan kitab Akhlakulil Banin karya Syaikh Umar Baradja dengan materi ajar Akidah Akhlak kelas I Madrasah Ibtidaiyah terletak pada banyak bab, karena hampir semua bab berkaitan. Jika penilti simpulkan secara umum, materi yang memiliki keterkaitan diantaranya adalah akhlak kepada Allah SWT, akhlak kepada Rasulullah SAW, akhlak kepada kedua orang tua, akhlak kepada orang lain seperti guru, kerabat dan lainnya serta adab dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M.Nasrullah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2020 01:50
Last Modified: 15 Jun 2020 01:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10317

Actions (login required)

View Item View Item