Analisis Terhadap Konsep Pemikiran Muhaimin Iqbal Tentang Mata Uang Dinar dan Dirham

Risnawati, Windy Yunia (2020) Analisis Terhadap Konsep Pemikiran Muhaimin Iqbal Tentang Mata Uang Dinar dan Dirham. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WINDY YUNIA RISNAWATI _210216001.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Risnawati, Windy Yunia , 2020.Analisis Terhadap Konsep Pemikiran Muhaimin Iqbal Tentang Mata Uang Dinar dan Dirham. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Miftahul Huda., M.Ag.
Kata Kunci: Muhaimin Iqbal, Dinar, Dirham.

Muhaimin Iqbal adalah seorang eksekutif sekaligus pemikir, praktisi, dan juga akademisi yang yang memiliki pandangan bahwa masa depan kehancuran uang kertas telah tampak mulai sekarang, bahkan sejak dulu, ketika dolar AS menguasai dunia. Karena menurut beliau, dunia tidak memiliki pilihan lain kecuali kembali ke hard currency dinar dan dirham. Upaya beliau dalam memperkenalkan kembali dinar dan dirham yaitu dengan mendirikan situs GeraiDinar yang di dalamnya terdapat M-Dinar Saving Account untuk memfasilitasi nasabah yang ingin menyimpan dan menginvestasikan dinarnya serta iQiradh dan Koperai/ BMT Dārul Muttaqīn yang dapat digunakan untuk menerapkan dinar dalam sektor riil.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakedudukan mata uang dinar dan dirham dalam pemikiran Muhaimin Iqbal? (2) Bagaimana konsep perencanaan finansial dengan dinar dan dirham dalam pemikiran Muhaimin Iqbal? (3) Bagaimanakonsep membangun usaha dengan mata uang dinar dan dirham dalam pemikiran Muhaimin Iqbal?
Adapun jenis penelitian yang diakukan penulis merupakan penelitian pustaka (library research), sedangkan tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara identifikasi wacana dari buku-buku, makalah atau artikel, majalah, jurnal, web (internet), ataupun informasi lainnya. Analisis yang digunakan untuk memperoleh data adalah dengan metode deskriptif analisis, dengan cara menguraikan secara lengkap dan teratur atau seteliti mungkin seluruh perkembangan konsep, baik yang tampak istilah, pendekatan argumentasi, segi perhatian, maupun yang lebih mendalam.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Muhaimin Iqbal bersikeras untuk memperkenalkan kembali mata uang dinar dan dirham, karena menurut beliau manfaat dinar yang sangat signifikan apabila dinar dan dirham digunakan sebagai alat tukar, perencanaan finansial, investasi dalam persepektif rentang waktu yang singkat atau panjang, serta digunakan untuk membangun keberkahan usaha dengan cara memanfaatkan dinar dan dirham dalam sektor riil. Semua itu diperbolehkan menurut hukum dan ulama muslim selama penggunaannya sesuai dengan syariat islam, misalnya tidak melakukan spekulasi, yaitu melakukan penimbunan emas secara berlebih.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Miftahul Huda
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jun 2020 01:45
Last Modified: 15 Jun 2020 03:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10307

Actions (login required)

View Item View Item