Implementasi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (Studi Kasus Produk Makanan dan Minuman di Bintang Swalayan Ponorogo)

Arissandi, Muhamad Rifa'i (2020) Implementasi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (Studi Kasus Produk Makanan dan Minuman di Bintang Swalayan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Muhamad Rifa'i Arissandi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Arissandi, Muhamad Rifa’i. 2020. “Implementasi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (Studi Kasus Produk Makanan dan Minuman di Bintang Swalayan Ponorogo)”. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Rifah Roihanah, M.Kn.
Kata Kunci: Undang-Undang, Produk halal, Label halal, Makanan
Dukungan dan peran serta pemerintah Indonesia dalam mewujudkan jaminan produk halal dituangkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal. Bintang Swalayan Ponorogomerupakan LPNU (Lembaga Perekonomian NU) yang dimiliki oleh ormas agama Islam terbesar di Indonesia yaitu Nahdlatul Ulama atau NU. Pada prinsipnya Bintang Swalayan Ponorogo seharusnya lebih memperhatikan produk-produk yang telah memiliki sertifikat halal untuk dijual di swalayan itu, namun penulis masih menemukan produk-produk yang dijual yang belum memiliki sertifikat halal
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah Penerapan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal pada produk makanan dan minuman di Bintang Swalayan Ponorogo? (2) Apakah faktor penghambat implementasi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal pada produk makanan dan minuman di Bintang Swalayan Ponorogo?
Adapun jenis yang digunakan dalam penelitian penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah metode yang menekankan pada pengamatan dahulu, lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal di Bintang Swalayan Ponorogo belum berjalan dengan baik karena masih ada makanan dan minuman yang dijual di Bintang Swalayan Ponorogo yang belum memiliki sertifikat halal. Ada beberapa faktor penghambat implementasi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal pada produk makanan dan minuman di Bintang Swalayan Ponorogo yaitu kurangnya sosialisali terkait sertifikat halal dari pihak yang berwenang kepada produsen maupun kepada swalayan, peran serta aparat penegak hukum juga belum berjalan sebagaimana mestinya dan sikap masyarakat terhadap adanya undang-undang ini terkesan tidak terlalu diperdulikan tidak adanya sidak razia dari pihak yang berwenang sehingga ketika ada pelanggaran terhadap label halal tidak ada sanksi yang diberikan hal itu yang membuat Bintang Swalayan Ponorogo tetap menjalankan aturan yang sesuai

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: RIFAH ROIHANAH, M.Kn
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2020 06:28
Last Modified: 12 Jun 2020 06:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10300

Actions (login required)

View Item View Item