Manajemen Program Pendidikan Enterpreneurship dalam Meningkatkan Mutu Lulusan (Studi Kasus di Universitas Darussalam Gontor)

Radjfi, Mochamad Syauqhy (2020) Manajemen Program Pendidikan Enterpreneurship dalam Meningkatkan Mutu Lulusan (Studi Kasus di Universitas Darussalam Gontor). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Mochamad Syauqhy Radjfi 502180036_watermark_fix_revised_.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Radjfi, Mochamad Syauqhy, Manajemen Program Pendidikan Entrepreneurship dalam Meningkatkan Mutu Lulusan (Studi Kasus di Universitas Darussalam Gontor). Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing, Dr. Mamba’ul Ngadimah, M.Ag.
Penelitian ini berawal dari semakin sulitnya persaingan dunia kerja yang didasari oleh kompetensi lulusan yang jauh dari kebutuhan standar pasar kerja khususnya para lulusan perguruan tinggi yang banyak menjadi pengangguran saat ini. Sehingga para pengelola perguruan tinggi berupaya menginternalisasikan sikap, pengetahuan dan keterampilan entrepreneurship (kewirausahaan) melalui kegiatan pendidikan didalam ataupun diluar perkuliahan. Oleh sebab itu, pendidikan entrepreneurship haruslah di-manage dengan baik agar kompetensi lulusan perguruan tinggi memiliki daya saing dan keunggulan kompetitif secara mandiri, kreatif dan inovatif yang menjadikan value bagi perguruan tinggi dan lulusannya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan manajemen program pendidikan entrepreneurship dari sisi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan program pendidikan entrepreneurship, dan (2) menemukan pola pembelajaran entrepreneurship yang mampu meningkatkan mutu lulusan di Universitas Darussalam Gontor.
Penelitian ini didesain dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif berbasis lapangan (field research) dengan pendekatan studi kasus tentang manajemen program pendidikan entrepreneurship dalam meningkatkan mutu lulusan di Universitas Darussalam Gontor. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedang untuk menganalisis data digunakan analisis model Miles dan Hubermen, yaitu analisis model interaktif dengan cara, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) manajemen program pendidikan entrepreneurship based Panca Jiwa Pondok, yang meliputi: Pertama, perencanaan sasaran, kebijakan, pembiayaan, kegiatan dan standar pogram pengamalan jiwa kemandirian, kesederhanaan dan keikhlasan. Kedua, pengorganisasian koordinator dan pengurus bagian sebagai bentuk kaderisasi pendidikan. Ketiga, penggerakan oleh pimpinan melalui pemberian motivasi, arahan dan tugas sesuai nilai-nilai pondok. Keempat, pengawasan secara periodik, dan pelaporan keuangan secara internal dan eksternal. (2) Adapaun pola pembelajaran entrepreneurship menitikberatkan pada pola social corporate entrepreneur.
Kata Kunci : Entrepreneurship, Nilai-nilai entrepreneur, Kompetensi lulusan.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Mamba'ul Ngadimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2020 06:32
Last Modified: 12 Jun 2020 06:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10296

Actions (login required)

View Item View Item