Pembentukan Karakter Cinta Rasulullah Saw Melalui Rutinan Diba’ Wal Barzanji di MAN 2 Ponorogo.

Ananingrum, Veni ofi putri (2020) Pembentukan Karakter Cinta Rasulullah Saw Melalui Rutinan Diba’ Wal Barzanji di MAN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
PEMBENTUKAN KARAKTER CINTA RASULULLAH SAW MELALUI RUTINAN DIBA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ananingrum, Veni Ofi Putri. 2020. Pembentukan Karakter Cinta Rasulullah Saw Melalui Rutinan Diba’ Wal Barzanji di MAN 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institit Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Erwin Yudi Prahara, M.Ag.

Kata Kunci: Pembentukan Karakter, Cinta Rasulullah saw, Diba’ wal Barzanji.
MAN 2 Ponorogo merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang didalamnya terdapat banyak kegiatan ekstrakulikuler serta organisasi guna menggali dan mengembangkan potensi siswa-siswi di luar bidang akademi. Salah satunya adalah Majelis Ta’lim Ulul Albab yang merupakan organisasi intra madrasah yang bergerak di bidang keagamaan. Banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh organisasi ini, salah satunya kegiatan rutin shalawat Diba’ wal Barzanji yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali dalam rangka untuk mengenalkan shalawat kepada siswa-siswi MAN 2 Ponorogo yang masih awam dengan kegiatan shalawat, diharapkan dengan istiqomah mengikuti kegiatan shalawat ini siswa-siswi MAN 2 Ponorogo dapat mengkokohkan komitmen mereka untuk berpegang pada nilai dan ajaran Islam senantiasa ada didalam koridor ajaran Rasulullah Saw, meneladani sifat beliau, belajar dari beliau, dan menganjurkan orang lain agar bersikap seperti yang telah diajarkan Rasulullah Saw.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui Latar belakang kegiatan rutinan Diba’ wal Barzanji di MAN 2 Ponorogo, (2) Mengetahui Pelaksanaan Kegiatan Rutinan Diba’ wal Barzanji di MAN 2 Ponorogo, (3) Mengetahui Dampak Kegiatan Rutinan Diba’ wal Barzanji Terhadap Pembentukan Karakter Cinta Rasulullah Saw.

Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu memiliki ciri khas alami sesuai kondisi objektif di lapangan tanpa adanya manipulasi. Sedangkan jenis penelitian ini adalah studi kasus, menggunakan teknik pengumpulan data berupa metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya mencangkup reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Latar belakang diadakannya shalawat Diba’ wal Barzanji di MAN 2 Ponorogo adalah untuk mengenalkan shalawat kepada siswa-siswi MAN 2 Ponorogo yang masih awam dengan kegiatan shalawat, diharapkan dengan istiqomah mengikuti kegiatan shalawat ini siswa-siswi MAN 2 Ponorogo dapat mengkokohkan komitmen mereka untuk berpegang pada nilai dan ajaran Islam senantiasa ada didalam koridor ajaran Rasulullah Saw, meneladani sifat beliau, belajar dari beliau, dan menganjurkan orang lain agar bersikap seperti yang telah diajarkan Rasulullah Saw. (2) Pelaksanaan shalawat Diba’ wal Barzanji ini dilaksanakan setiap bulan. Rangkaian acaranya diawali dengan do’a, tahlilan, kemudian acara shalawat Diba’ wal Barzanji. (3) Dampak shalawat Diba’ wal Barzanji terhadap karakter cinta Rasulullah Saw dapat tercermin dalam diri siswa-siswi MAN 2 Ponorogo jika dalam membacanya dengan niat dan tujuan yang baik, memahami kandungan dalam shalawat yang dibaca, bersholawat dengan hati yang ikhlas dan sabar, khusyu, dalam keadaan suci, istiqomah, dan bershalawat atas dasar kecintaan dan kerinduan bertemu dengan Rasulullah Saw. Di MAN 2 Ponorogo hal ini sudah tercermin dengan baik meskipun ada beberapa yang masih dalam proses perubahan karakter. Diharapkan nantinya siswa dapat terpengaruh dari adanya kegiatan pembacaan shalawat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin yudi prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2020 02:57
Last Modified: 12 Jun 2020 03:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10288

Actions (login required)

View Item View Item