Peran kepala sekolah sebagai administrator dalam meningkatkan mutu sarana dan prasarana pendidikan (studi kasus di SDIT Qurrota A'yun Ponorogo)

Fiqri, Utammi Lihyatul (2020) Peran kepala sekolah sebagai administrator dalam meningkatkan mutu sarana dan prasarana pendidikan (studi kasus di SDIT Qurrota A'yun Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Peran Kepala Sekolah sebagai Administrator dalam Meningkatkan Mutu Sarana dan Prasarana Pendidikan Studi Kasus di SDIT Qurrota A'yun Ponorogo.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Fiqri, Utammi Lihyatul. 2020. Peran Kepala Sekolah sebagai Administrator dalam
Meningkatkan Mutu Sarana dan Prasarana Pendidikan (Studi Kasus di SDIT Qurrota
A’yun Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Wilis
Werdiningsih, M.Pd.I
Kata Kunci : Peran Kepala Sekolah, Administrator, Sarana dan Prasarana
Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan khususnya pembelajaran di sekolah, perlu
adanya layanan yang profesional dibidang sarana dan prasarana bagi guru dan kepala sekolah,
sehingga memberikan kemudahan mereka dalam melaksanakan tugasnya secara efektif dan
efisien. Oleh karena itu perlu adanya manajemen sarana dan prasarana pendidikan yang baik
untuk menunjang teraktualisasinya kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien. Dalam hal
ini kepala sekolah memiliki peran yang penting sebagai penanggung jawab utama kegiatan di
lembaga yang dipimpinnya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peran kepala sekolah sebagai administrator
dalam mengelola sarana dan prasarana pendidikan di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo (2)
mengetahui strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sarana dan prasarana pendidikan
di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo (3) mengetahui tingkat keberhasilan dari strategi kepala
sekolah dalam meningkatkan mutu sarana dan prasarana pendidikan di SDIT Qurrota A’yun
Ponorogo.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif.
Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan
dokumentasi yang digunakan sebagai pengumpulan data. Dan teknik yang dipilih dalam analisis
data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan (1) peran kepala sekolah sebagai
administrator dalam mengelola sarana dan prasarana pendidika di SDIT Qurrota A’yun
Ponorogo dimulai dari melakukan perencanaan, pengadaan, inventarisasi, penggunaan,
pemeliharaan, serta penghapusan dengan melakukan pengawasan dan pendampingan. (2) strategi
kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sarana dan prasarana pendidikan di SDIT Qurrota
A’yun Ponorogo kepala sekolah menggiatkan dengan mengajak kerjasama dengan beberapa
pihak eksternal dan instansional dalam bentuk program yang telah dibuat, melakukan konsultasi
dengan pihak yang berpengalaman, serta menganalisis permasalahan yang ada dilingkungan
sekolah (3) tingkat keberhasilan penerapan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu
sarana dan prasarana pendidikan di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wilis Werdiningsih
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2020 02:59
Last Modified: 12 Jun 2020 02:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10284

Available Versions of this Item

  • Peran kepala sekolah sebagai administrator dalam meningkatkan mutu sarana dan prasarana pendidikan (studi kasus di SDIT Qurrota A'yun Ponorogo). (deposited 12 Jun 2020 02:59) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item