Pengaruh Intensitas Penggunaan Gadget dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas Atas SDN Brahu Tahun Ajaran 2019/2020

Kusumastuti, Fauziah (2020) Pengaruh Intensitas Penggunaan Gadget dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas Atas SDN Brahu Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SIAP UPLOAD E-THESIS_FAUZIAHKUSUMASTUTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Kusumastuti, Fauziah. 2020. Pengaruh Intensitas Penggunaan Gadget dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas Atas SDN Brahu Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Restu Yulia Hidayatul Umah, M.Pd.
Kata Kunci: Gadget, Pola Asuh Orang Tua, Sikap Sosial
Dalam pembentukan sikap sosial anak dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor eksternal dan internal. Pola asuh orang tua merupakan salah satu faktor eksternal yang memiliki andil cukup besar dalam pembentukan sikap sosial anak. Selain itu, intensitas penggunaan gadget juga menjadi salah satu faktor eksternal lain yang memiliki pengaruh terhadap pembentukan sikap sosial anak di era sekarang ini, di mana gadget adalah barang yang lazim digunakan oleh anak usia sekolah dasar. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi awal di lapangan, diperoleh fakta bahwa terjadi penurunan kualitas sikap sosial siswa kelas atas di SDN Brahu dan kesenjangan antara pembiasaan baik yang diberikan orang tua pada anaknya dengan sikap yang muncul ketika anak memasuki usia sekolah dasar. Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian terkait masalah yang terjadi. Pemilihan lokasi penelitian di SDN Brahu didasarkan pada alasan banyaknya keluhan dari guru maupun wali murid SDN Brahu terkait penurunan sikap sosial anak di lingkungan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap sikap sosial siswa kelas atas SDN Brahu tahun ajaran 2019/2020, (2) mendeskripsikan pengaruh pola asuh orang tua terhadap sikap sosial siswa kelas atas SDN Brahu tahun ajaran 2019/2020, dan (3) mendeskripsikan pengaruh intensitas penggunaan gadget dan pola asuh orang tua terhadap sikap sosial siswa kelas atas SDN Brahu tahun ajaran 2019/2020.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Sampel dan populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4, 5, dan 6 SDN Brahu tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 42 siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data penelitian adalah angket atau kuisioner yang disebarkan kepada seluruh responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif signifikan antara intensitas penggunaan gadget terhadap sikap sosial siswa kelas atas SDN Brahu tahun ajaran 2019/2020. Dibuktikan dari hasil thitung (3,549) > ttabel (2,021) dengan nilai signifikansinya sebesar 0,001 < 0,05, (2) terdapat pengaruh positif signifikan antara pola asuh orang tua terhadap sikap sosial siswa kelas atas SDN Brahu tahun ajaran 2019/2020. Dibuktikan dari hasil thitung (2,088) > ttabel (2,021) dengan nilai signifikansinya sebesar 0,043 < 0,05, dan (3) terdapat pengaruh positif signifikan secara bersama-sama antara intensitas penggunaan gadget dan pola asuh orang tua terhadap sikap sosial siswa kelas atas SDN Brahu tahun ajaran 2019/2020. Dibuktikan dari hasil Fhitung (7,367) > Ftabel (3,23) dengan nilai signifikansinya 0,002 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Restu Yulia Hidayatul Umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2020 03:10
Last Modified: 12 Jun 2020 03:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10279

Actions (login required)

View Item View Item