Penerapan Kegiatan Tahfidz Al-Qur'an Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Santri Asrama Putra Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo

Hadi Saputro, Puput (2020) Penerapan Kegiatan Tahfidz Al-Qur'an Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Santri Asrama Putra Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210316141_PUPUT HADI SAPUTRO_pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Saputro, Puput Hadi. 2020. Penerapan Kegiatan Tahfidz Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Santri Asrama Putra Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institus Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Heriyudanta, M. Pd.I.
Kata Kunci: Tahfidz Al-Qur’an, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual
Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan Asrama Putra yang termasuk belum lama berdiri dan menerapkan kegiatan tahfidz Al-Qur’an, Tujuan penelitian melakukan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui konsep pelaksanaan kegiatan tahfidz Al-Qur’an di Asrama Putra Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Ponorogo. 2) Untuk mengetahui bagaimana Kontribusi kegiatan Tahfidz Al-Qur’an untuk meningkatkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual santri di Asrama Putra Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Ponorogo. 3) Untuk mengetahui kendala apa saja yang terjadi dalam pelaksanaan kegiatan tahfidz Al-Qur’an di Asrama Putra Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Ponorogo.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti melakukan penelitian lapangan menggunakan jenis pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian, teknik dalam analisis data menggunakan analisis model Miles dan Hubeman dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Dari hasil penelitian tersebut yaitu: 1) kegiatan tahfidz Al-Qur’an di Asrama Putra Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Ponorogo dilaksanakan 4 kali dalam seminggu dilaksanakan pada hari Ahad, Senin, Selasa, Rabu kemudian waktunya pukul 16:00 WIB-Selesai. 2) kontribusi kegiatan tahfidz Al-Qur’an dalam meningkatkan kecerdasan Emosional dan kecerdasan Spiritual santri Asrama Putra Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Ponorogo, diantaranya memberi dampak positif bagi santri, yaitu selalu sabar dalam menjalankan kegiatan, sabar dalam menghadapi masalah dan ujian, sering memotivasi diri, menumbuhkan rasa tanggung jawab untuk beribadah, memiliki rasa ikhlas, dan meningkatkan ketakwaan, senantiasa bertawakal kepada Allah SWT, berbakti terhadap orang tua, menjauhkan diri dari perbuatan tercela, 3) Kendala kegiatan tahfidz Al-Qur’an di Asrama Putra Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Ponorogo, yaitu kendala diantaranya capek, malas, ngantuk, kemampuan menghafal masih susah, banyaknya kegiatan yang ada di sekolah formal dan kegiatan di Asrama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2020 03:07
Last Modified: 12 Jun 2020 03:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10275

Actions (login required)

View Item View Item