(LENGKAPI PERSETUJUAN, PENGESAHAN, PUBLIKASI, KEASLLIAN TULISAN TANPA LAMPIRAN..UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)..Eksistensi Dan Tugas Nazir Wakaf Mushola Bahrul Hikam Josari Jetis Kabupaten Ponorogo (Perspektif Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf0

Nanang, Nur hidayat (2020) (LENGKAPI PERSETUJUAN, PENGESAHAN, PUBLIKASI, KEASLLIAN TULISAN TANPA LAMPIRAN..UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)..Eksistensi Dan Tugas Nazir Wakaf Mushola Bahrul Hikam Josari Jetis Kabupaten Ponorogo (Perspektif Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf0. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
EKSISTENSI DAN TUGAS NAẒIR WAKAF.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hidayat, Nanang Nur. 2020. Eksistensi Dan Tugas Naẓir Wakaf Di Mushola Bahrul Hikam Josari Jetis Kabupaten Ponorogo “Perspektif Undang-Undang No.41 Tahun 2004 Tentang Wakaf”. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Miftahul Huda, M.Ag
Kata kunci/keyword : Eksistensi, Tugas, Naẓir.
Eksistensi merupakan suatu proses yang dapat dikatakan dinamis, menjadi, atau mengada. Dalam hal ini eksitensi dan tugas di implementasikan terhadap Naẓir wakaf di Mushola Bahrul Hikam Desa Josari Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo. Naẓir wakaf adalah seseorang yang diberi tanggung jawab atau orang yang menerima wakaf dari dan oleh wakif untuk melakukan pengelolaan terhadap harta benda wakaf. Dalam hal ini keberadaannya sebagai Naẓir wakaf tersebut masih perlu di perjelas kembali , karena pasalnya Naẓir tersebut tidak benar-benar paham atas tugas dan eksistensinya serta keabsahannya menjadi Naẓir wakaf tersebut sehingga menghambat dalam pengelolaan wakaf dan tidak maksimal dalam menjadi Naẓir wakaf perseorangan.
Rumusan masalah dalam penelitian adalah :(1). Bagaimana keabsahan Naẓir wakaf Mushola Bahrul Hikam Desa Josari Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo Menurut UU No.41 Tahun 2004 Tentang Wakaf ?, (2). Bagaimana tugas Naẓir dalam menyelesaikan administrasi wakaf di Mushola Bahrul Hikam Desa Josari Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo Menurut UU No.41 Tahun 2004 Tentang Wakaf ?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan dalam teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian penulis menggunakan metode deduktif dalam analisis yang mana metode deduktif merupakan suatu arah atau jalan yang dipakai untuk mendapatkan ilmu pengetahuan ilmiah dengan berangkat menggunakan teori yang bersifat umum yang kemudian ditarik untuk mendapatkan kesimpulan.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, Naẓir dari Mushola Bahrul Hikam Desa Josari Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo telah absah menjadi Naẓir perseorangan sesuai dengan Pasal 10 UU No. 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf. Kemudian, dalam menjalankan tugasnya sebagai Naẓir wakaf Mushola Bahrul Hikam berupa pengembangan dan pengawasan harta benda wakaf, telah sesuai dengan Pasal 11 UU No. 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf. Akan tetapi dalam menyelesaikan administrasi wakaf berupa pendokumenan dan pelaporan harta benda wakaf belum sesuai dengan Pasal 11 Undang-Undang 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Miftahul Huda
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2020 02:43
Last Modified: 12 Jun 2020 02:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10274

Actions (login required)

View Item View Item