Ardharanie, Nindy (2020) Pengaruh Pengetahuan dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di KSPPS BMT Tumang Cabang Plaosan Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
skripsi nindy.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Ardharanie, Nindy. 2020. Pengaruh Pengetahuan Nasabah dan Word of Mouth
Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di KSPPS BMT Tumang Plaosan
Magetan. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah
Institus Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Moh.
Mukhlas, M.Pd.
Kata Kunci: Pengetahuan, Word of Mouth, Keputusan.
Keputusan pembelian merupakan suatu proses pengambilan keputusan akan
pembelian yang mencakup penentuan apa yang akan dibeli atau tidak melakukan
pembelian dan keputusan itu diperoleh dari kegiatan sebelumnya. Salah satu
faktor yang mempengaruhi keputusan pembeli atau nasabah adalah pengethauan
nasabah dan word of mouth. Pengetahuan nasabah akan sangat memberi minat
untuk menjadi nasabah dan word of mouth yang merupakan pemasaran dari mulut
ke mulut akan memberi dorongan untuk menjadi nasabah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengaruh
pengetahuan nasabah terhadap keputusan menjadi nasabah di KSPPS BMT
Tumang Cabang Plaosan Magetan? (2) Bagaimana pengaruh word of mouth
terhadap keputusan menjadi nasabah di KSPPS BMT Tumang Cabang Plaosan
Magetan? (3) Bagaimana pengaruh pengetahuan nasabah dan word of mouth
terhadap keputusan menjadi nasabah di KSPPS BMT Tumang Cabang Plaosan
Magetan?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah nasabah BMT Tumang pada tahun 2019 dengan jumlah 165.
Adapun sampelnya berjumlah 62. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data
berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier
sederhana dan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Secara parsial ada
pengaruh pengetahuan nasabah terhadap keputusan nasabah BMT Tumang
Plaosan karena thitung = 3,146 > ttabel = 2,001 atau besarnya pengaruh ada 8,5%.
(2) Secara parsial ada pengaruh word of mouth terhadap keputusan nasabah BMT
Tumang Plaosan karena thitung (4,517) > ttabel (2,001), atau besarnya pengaruh ada
20,6%. (3) Secara simultan ada pengaruh pengetahuan nasabah dan word of mouth
terhadap keputusan nasabah BMT Tumang Plaosan karena Fhitung (13,900) > Ftabel
(3,15), atau besarnya pengaruh 32%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Moh. Mukhlas |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 12 Jun 2020 02:43 |
Last Modified: | 12 Jun 2020 02:43 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10272 |
Actions (login required)
View Item |