Sejarah Islam Di Indonesia Dalam Buku Api Sejarah Karya Ahmad Mansur Suryanegara Dan Relevansinya Dengan Materi SKI Kelas IX Madrasah Tsanawiyah

Imron, Muchamad (2020) Sejarah Islam Di Indonesia Dalam Buku Api Sejarah Karya Ahmad Mansur Suryanegara Dan Relevansinya Dengan Materi SKI Kelas IX Madrasah Tsanawiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210316299.pdf

Download (918kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Imron, Muchamad. 2020. Sejarah Islam di Indonesia dalam Buku Api Sejarah Karya Ahmad Mansur Suryanegara dan Relevansinya dengan Materi SKI Kelas IX Madrasah Tsanawiyah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Siti Rohmaturrosyidah R., M.Pd.I.
Kata Kunci: Sejarah Islam di Indonesia, Buku Api Sejarah, Materi SKI Kelas IX Madrasah Tsanawiyah
Dalam penulisan sejarah Islam di Indonesia, para Orientalis Barat cenderung mengucilkan Islam itu sendiri. Justru mereka lebih dominan menuliskan sejarah tentang kebesaran kerajaan Hindu-Budha. Terlebih materi sejarah Islam begitu penting untuk dipelajari di sekolah, terutama pada materi SKI kelas IX Madrasah Tsanawiyah yang juga membahas sejarah Islam di Indonesia. Meskipun sejarah Islam sudah disajikan dalam materi tersebut, tetapi masih kurangnya bukti konkrit tentang sejarah Islam di Indonesia, terutama tentang masuknya Islam di Indonesia berikut perkembangannya. Sebagai seorang sarjana Muslim seharusnya mencoba untuk mengupas sejarah Islam yang sebenarnya, terutama di Indonesia. Oleh karena itu, penulis bermaksut untuk mengangkat pendapat dari Ahmad Mansur Suryanegara tentang sejarah Islam di Indonesia. Di antaranya, sejarah kebangkitan Islam dan pengaruhnya di Indonesia serta sejarah masuknya Islam dan perkembangannya di Indonesia.
Untuk menjawab permasalahan di atas, peneliti mencoba merumuskan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana kebangkitan Islam dan Pengaruhnya di Indonesia dalam Buku Api Sejarah Karya Ahmad Mansur Suryanegara? 2. Bagaimana sejarah masuk dan perkembangan Islam di Indonesia dalam buku Api Sejarah karya Ahmad Mansur Suryanegara? 3. Bagaimana relevansi sejarah Islam di Indonesia dalam buku Api Sejarah karya Ahmad Mansur Suryanegara dengan materi SKI kelas IX Madrasah Tsanawiyah?. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, Peneliti menggunakan jenis penelitian kajian pustaka (library research), dengan teknik pengumpulan data atau tulisan-tulisan yang sudah ada yaitu berupa buku yang relevan dan karya tulis yang berkaitan dengan masalah dan tujuan penelitian, yaitu dalam buku Api Sejarah karya Ahmad Mansur Suryanegara. Kemudian metode yang dipakai adalah content analysis, yaitu proses identifikasi dan menarik kesimpulan dari suatu data atau sumber yang berupa karya tulis.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan, pengaruh kebangkitan Islam di Indonesia menurut Ahmad Mansur Suryanegara adalah terjadi perubahan di segala aspek kehidupan (sosial, budaya, pendidikan, ekonomi, politik), dan Islam dianggap sebagai pembebas dari sistem stratifikasi. Berikutnya agama Islam masuk di Indonesia pertama kali pada abad ke-7, yang dibawa oleh para pedagang sekaligus memperkenalkan ajaran Islam dari proses niaganya. Kemudian perkembangannya, terjadi ketika berdirinya kekuatan politik/kesultanan, diantaranya Samudra Pasai pada abad ke-13 M. Relevansi sejarah Islam dalam buku Api Sejarah karya Ahmad Mansur Suryanegara dengan materi SKI kelas IX Madrasah Tsanawiyah ditunjukkan dari teori masuknya Islam di Indonesia, jalur Islamisasi di Indonesia dan perkembangan Islam di Indonesia karena materi tersebut sesuai dengan kurikulum yang terdapat dalam materi SKI kelas IX Madrasah Tsanawiyah. Adapun yang tidak relevan adalah pada pembahasan pengaruh kebangkitan Islam di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2020 02:33
Last Modified: 12 Jun 2020 02:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10267

Actions (login required)

View Item View Item