Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Al-Sirat Al-Nabawiyyah Karya Ibnu Hishaam Dan Relevansinya Dengan Materi Akhlak Pada Buku Lembar Kerja Siswa Madrasah Aliyah (Kajian Kisah Kelahiran Nabi Muhammad Saw Sampai Peristiwa Isra’ Dan Mi’raj)

Ningsih, Sufita (2020) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Al-Sirat Al-Nabawiyyah Karya Ibnu Hishaam Dan Relevansinya Dengan Materi Akhlak Pada Buku Lembar Kerja Siswa Madrasah Aliyah (Kajian Kisah Kelahiran Nabi Muhammad Saw Sampai Peristiwa Isra’ Dan Mi’raj). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210316048_SUFITA NINGSIH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ningsih, Sufita. 2020. Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Al-Sirat Al-Nabawiyyah Karya Ibnu Hisham Dan Relevansinya Dengan Materi Akhlak Pada Buku Lembar Kerja Siswa Madrasah Aliyah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembibing, Kharisul Wathoni, M.Pd.I.
Kata Kunci : Nilai Pendidikan Akhlak, Kitab Al-Sirat Al-Nabawiyyah, Lingkup Materi Akhlak Madrasah Aliyah
Dalam menjalani kehidupan sehari-hari seorang muslim sangat membutuhkan peran akhlak yang mulia. Akhlak dapat menjadi identitas dari kepribadian seseorang. Di dalam penelitian ini peneliti akan mengkaji nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kisah kelahiran Nabi Muhammad Saw. dalam kitab Al-Sirat Al-Nabawiyyah karya Ibnu Hisham dan relevansinya dengan materi akhlak di buku Lembar Kerja Siswa Madrasah Aliyah. Dengan mengambil rumusan masalah: Bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kisah kelahiran nabi Muhammad Saw. sampai beliau diangkat menjadi Nabi menurut kitab Al-Sirat Al-Nabawiyyah karya Ibnu Hisham?, Bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kisah permulaan turunya Al-Qur’an sampai peristiwa Isra’ dan Mi’raj menurut kitab Al-Sirat Al-Nabawiyyah karya Ibnu Hisham?, Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kisah kelahiran nabi Muhammad Saw. sampai kisah Isra’ dan Mi’raj menurut kitab Al-Sirat Al-Nabawiyyah Karya Ibnu Hisham dengan materi akhlak di buku lembar kerja siswa Madrasah Aliyah?. Pentingnya penelitian ini adalah, diharapkan mampu menambah kecintaan kita kepada baginda nabi Muhammad Saw., menambah wawasan kita terhadap bidang ilmu pengetahuan khususnya ilmu agama yakni akhlak.
Jenis penelitian ini adalah library research dengan meggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentai yakni mencari dan mengumpulkan data melaui penelusuran dan penelaahan tehadap kitab Al-Sirat Al-Nabawiyyah Karya Ibnu Hisham, serta buku-buku penunjang lainya.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut, pertama, nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kisah kelahiran hingga diangkat menjadi Nabi dalam kitab Al-Sirat Al-Nabawiyyah karya Ibnu Hisham diantaranya adalah bersikap mentauhidkan Allah, amanah dan syaja’ah. Kedua, nilai pendidikan akhlak dalam kisah permulaan turunya Al-Qur’an hingga Isra’ dan Mi’raj adalah syaja’ah dan sabar. Ketiga, nilai pendidikan akhlak dalam kitab Al-Sirat Al-Nabawiyyah Karya Ibnu Hisham relevan dengan nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam materi akhlak di buku lembar kerja siswa Madrasah Aliyah. Titik relevanya yakni sama-sama membahas mengenai bersikap Mentauhidkan Allah, Syaja’ah dan Sabar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jun 2020 06:46
Last Modified: 11 Jun 2020 06:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10258

Actions (login required)

View Item View Item