Pengaruh Penggunaan Game Online dan Kontrol Diri terhadap Moral Siswa di Kelas VIII MTsN 3 Madiun

Khasanah, Siska Uswatul (2020) Pengaruh Penggunaan Game Online dan Kontrol Diri terhadap Moral Siswa di Kelas VIII MTsN 3 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210316248_SISKA USWATUL KHASANAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Khasanah, Siska Uswatul. 2019. Pengaruh Penggunaan Game Online Dan Kontrol Diri Terhadap Moral siswa di Kelas VIII MTsN 3 Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. H. Muhammad Thoyyib, M.Pd.I
Kata Kunci: Penggunaan Game Online, Kontrol Diri, Moral Siswa

Salah satu perkembangan teknologi yang sudah merambah ke seluruh pengguna teknologi yaitu munculnya permainan yang penggunaannya sudah menggunakan internet atau bisasa disebut dengan sebutan game online. Game online sudah merambah ke anak-anak remaja sehingga game tersebut bisa menimbulkan kecanduan para penggunanya. Game online dapat memberikan dampak positif maupun negatif tergantung sikap dari pengguna game online itu sendiri. Selain kontrol diri pada remaja juga akan mempengaruhi perilaku anak-anak remaja pada zaman sekarang ini.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh pengggunaan game online terhadap moral siswa di kelas VIII MTsN 3 Madiun. (2) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh yang kontrol diri terhadap moral siswa di kelas VIII MTsN 3 Madiun. (3) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh penggunaan game online dan kontrol diri terhadap moral siswa di kelas VIII MTsN 3 Madiun.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat regresi. Teknik analisis datanya menggunakan rumus statistika yaitu regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket (kuesioner), observasi, dokumentasi.
Dari analisis data ditemukan: 1) ada pengaruh yang signifikan penggunaan game online terhadap moral siswa di kelas VIII MTsN 3 Madiun dengan Fhitung = 7,374 dan Ftabel = 4,02, berpengaruh sebesar 12,4%. 2) ada pengaruh yang signifikan kontrol diri terhadap moral siswa di kelas VIII MTsN 3 Madiun dengan Fhitung = 7,814 dan Ftabel = 4,02, dengan besar pengaruh 13,1%. 3) ada pengaruh yang signifikan penggunaan game online dan kontrol diri terhadap moral siswa di kelas VIII MTsN 3 Madiun dengan Fhitung = 6,263 dan Ftabel = 3,17, dengan besar pengaruh 19,7%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jun 2020 06:47
Last Modified: 11 Jun 2020 06:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10257

Actions (login required)

View Item View Item