Studi Empiris Unified Theory Of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) Terhadap Minat Penggunaan Layanan Uang Elektronik di Indonesia

Krisdayanti, Evi (2020) Studi Empiris Unified Theory Of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) Terhadap Minat Penggunaan Layanan Uang Elektronik di Indonesia. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Upload etheses Evi Krisdayanti.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
krisdayanti,evi. 2020. “Studi Empiris Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) Terhadap Minat Penggunaan Layanan Uang Elektronik di Indonesia.” Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Shinta Maharani, M.AK.
Kata kunci:Uang Elektronik, Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT)
Uang elektronik merupakan sebuah produk prabayar di mana catatan dana atau nilai yang tersedia bagi konsumen tersimpan pada perangkat elektronik yang dimiliki oleh konsumen. Uang elektronik sendiri hadir untuk memberikan berbagai manfaat bagi masyarakat. Meskipun banyak manfaat uang elektronik yang bisa dirasakan oleh masyarakat, namun masih banyak yang belum menggunakannya. Untuk mengetahui penerimaan teknologi terhadap individu digunakan suatu model yaitu Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) pengaruh harapan kinerja terhadap minat penggunaan layanan uang elektronik di Indonesia, (2) pengaruh harapan usaha terhadap minat penggunaan layanan uang elektronik di Indonesia, (3) pengaruh sosial terhadap minat penggunaan layanan uang elektronik di Indonesia, (4) pengaruh harapan kinerja, harapan usaha dan, pengaruh sosial secara bersama-sama terhadap minat penggunaan layanan uang elektronik di Indonesia.
Jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan dengan metode kuantitatif. Sedangkan, dalam pengumpulan datanya penulis menggunakan kuesioner. Populasi pada penelitian ini berjumlah 261.890.900 jiwa. Dan sampel yang digunakan 100 orang. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling tepatnya dengan teknik cluster sampling. Metode pengolahan data penelitian menggunakan aplikasi IBM SPSS 21. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa uji analisis memberikan hasil sebagai berikut: (1) harapan kinerja (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan layanan uang elektronik di Indonesia, (2) harapan usaha (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan layanan uang elektronik di Indonesia, (3) pengaruh sosial (X3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan layanan uang elektronik di Indonesia, (4) harapan kinerja (X1), ) harapan usaha (X2), dan pengaruh sosial (X3) secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan layanan uang elektronik di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Shinta Maharani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2020 02:56
Last Modified: 12 Jun 2020 03:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10252

Actions (login required)

View Item View Item