Implementasi Metode Yadain Dalam Program Karantina Hafalan Al-Qur’an 2 Pekan 10 Juz Di Yayasan Alam Qur’an Ponorogo.

Fitriyah, Hidayatul (2020) Implementasi Metode Yadain Dalam Program Karantina Hafalan Al-Qur’an 2 Pekan 10 Juz Di Yayasan Alam Qur’an Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210316416_HIDAYATUL FITRIYAH_(3).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Fitriyah, Hidayatul. 2020. Implementasi Metode Yadain Dalam Program Karantina Hafalan Al-Qur’an 2 Pekan 10 Juz Di Yayasan Alam Qur’an Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Wilis Werdiningsih, M.Pd.I..
Kata Kunci: Metode Yadain, Karantina Hafalan Al-Qur’an
Proses menghafal Al-Qur’an atau tahfidzh merupakan kegiatan yang sering kali dianggap sulit bagi sebagian orang. Sebagai upaya untuk memudahkan proses menghafal Al-Qur’an, dibutuhkan sebuah metode yang sesuai dengan gaya menghafal seseorang. Dengan adanya metode, tujuan untuk khatam dalam menghafalkan Al Quran dapat dicapai dengan lebih mudah. Penggunaan metode ini diselaraskan dengan gaya menghafal seseorang, karena setiap orang memiliki kemampuan dan gaya belajar yang berbeda-beda. Salah satu metode dalam menghafal Al Quran yaitu metode yadain. Metode yadain ini diterapkan oleh yayasan Alam Qur’an dalam salah satu program unggulannya yakni program karantina hafalan Al-Qur’an 2 pekan 10 juz.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan program karantina hafalan Al Qur’an 2 pekan 10 juz di yayasan Alam Qur’an Ponorogo (2) Penerapan metode yadain dalam program karantina hafalan Al-Qur’an 2 pekan 10 juz di Yayasan Alam Qur’an Ponorogo (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam program karantina hafalan Al-Qur’an 2 pekan 10 juz di Yayasan Alam Qur’an Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah field research, sebab penelitian tentang implementasi metode yadain dalam program hafalan Al-qur’an 2 pekan 10 juz di Yayasan Alam Qur’an tidak hanya cukup dengan kajian teori mengenai metode yadain saja, akan tetapi peneliti perlu ke lokasi yang akan diteliti. Dengan demikian data yang diperoleh akan lebih akurat dan dapat dipertanggungjawakan di akhir kesimpulan hasil penelitian.
Hasil menelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan program karantina hafalan Al-qur’an yakni selama 2 pekan. Waktu karantina disesuaikan dengan waktu liburan sekolah. Kegiatan karantina ini dilaksanakan 2 kali dalam setahun. Pelaksanaan program karantina sudah sesuai dengan prosedur karantina, mulai dari penjaringan peserta karantina dan seleksi peserta melalui tes tahsin dan tes tahfidz. Ada beberapa kegiatan dalam karantina hafalan Al-Qur’an, yakni kegiatan pembukaan karantina, kegiatan menghafal, dan kegiatan setelah menghafal Al-Qur’an yang meliputi setoran dan muroja’ah ;(2) Penerapan metode yadain dalam menghafal Al-Qur’an di program karantina hafalan Al-Qur’an 2 pekan 10 juz sudah terlaksana dengan baik mulai dari membaca Al-Qur’an sampai proses menghafalnya sesuai dengan buku panduan metode yadain; (3)Faktor pendukung dan penghambat dalam program karantina hafalan Al-Qur’an 2pekan 10 juz di yayasan Alam Qur’an Ponorogo yakni, (a)Faktor pendukung: Suasana yang kondusif, kemampuan tahsin, teman sebaya, motivasi menghafal, stamina yang terjaga, mushaf yang tidak berganti-ganti. (b)Faktor penghambat: Rasa malas, tidak fokus, teringat orang tua, kemampuan peserta, jenuh, kondisi badan yang tidak sehat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wilis Werdiningsih
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2020 02:53
Last Modified: 12 Jun 2020 04:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10246

Actions (login required)

View Item View Item