Studi Komparatif Hisab Penentuan Awal Waktu Shalat Dalam Kitab Al-Durusul Al-Falakiyah Dan Ephemeris

Ulum, Fathul (2020) Studi Komparatif Hisab Penentuan Awal Waktu Shalat Dalam Kitab Al-Durusul Al-Falakiyah Dan Ephemeris. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI_FATHUL ULUM_210116099.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Ulum, Fathul.2020.Studi Komperatif Hisab Penentuan Awal Waktu Shalat Dalam Kitab Al-Durusul Al-Falakiyah Dan Ephemeris. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Novi Fitia Maliha, M.H.I.

Kata Kunci: komperatifhisab awal waktu shalat, rubu’ mujayyab, kitab Al-Durusul Al-Falakiyah, ephemeris.
Metode perhitungan dalam kitab Al-Durusul Al-Falakiyah dan ephemeris adalah dua metode hisab yang berbeda. Standart perbandingannya adalah karena hisab Ephemeris tergolong hisab kontemporer yang mana hasilnya lebih akurat daripada hisab yang lainnya dan data-data dalam ephemeris diperoleh dari aplikasi WinHisab yakni data-data peredaran matahari dan bulan setiap hari sehingga hasilnya lebih akurat. Sedangkan hisab yang terdapat dalam kitab Al-Durusul Al-Falakiyah adalah tergolong hisab klasik atau hisab hakiki taqribi yang mana hasil perhitungannya dalam menentukan data-data yang dicari masih di kira-kirakan hasilnya. Karena alat yang digunakan masih alat klasik yakni rubu mujayyab. Namun, kedua model hisab ini sama-sama masih digunakan dan di pelajari di pondok-pondok salaf, seperti pondok pesantrean Fathul Ulum Kwagean, pondok Sumbersari, pondok pesantrean Al-Anwar Sarang Rembang, dll. Akan tetapi yang banyak digunakan pada saat ini adalah model hisab Ephemeris sehingga, kedua model ini memungkinkan untuk diperbandingkan dalam hal cara menghitung penentuan awal waktu shalat. Selain itu juga, mengetahui relevansi kedua metode hisab tersebut dan tingkat keakurasianya dalam penentuan awal waktu shalat.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan metode hisab penentuan awal waktu shalat dalam kitab ad-durusul falakiyah dan ephemeris, (2) menjelaskan relevansi dan tingkat keakurasian antara hisab dalam kitab ad-durusul falkiyah dan ephemeris.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dengan kulitatif deskriptif dan interview. Teknik analisis data dengan teknik analisis isi (content analisys) dan mengkomperasikannya.
Hasil penelitian ini dapat disimpulakan bahwa (1) metode hisab dalam Al-Durusul Al-Falakiyah dan ephemeris lebih akurat hisab ephemeris dikarenakan data-data yang terdapat dalam ephemeris setiap hari selalu update dan alat bantu perhitungnnya sudah modern yakni kalkulator. Selisih kedua metode tersebut 10 menit di karenakan metode dalam kitab durusul falakiyah menggunakan waktu istiwa’ dan alat perhitungganya masih klasik yakni rubu’ mujayyab , sehingga di butuhkan konversi ke kalkulator agar selisihnya tidak terlalu banyak. (2) kedua metode tersebut secara umum tingkat kerelevanannya masih relevan ephemeris di karenakan mayoritas Pemerintah, Kemenag, Ahli Falak, Badan Lajnah Falakiyah dan lain-lain menggunakan metode hisab Ephemeris sehingga masih relevan ephemeris dari pada metode dalam kitab Al-Durusul Al-Falakiyah. Kemudian untuk tingkat keakurasiannya masih akurat metode hisab ephemeris di karenakan data-data yang ada pada ephemeris selalu update setiap harinya dan metode inilah sampai saat ini yang digunakan mayoritas masyarakat dalam menentukan awal waktu shalat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Novi Fitia Maliha
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jun 2020 07:09
Last Modified: 11 Jun 2020 07:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10237

Actions (login required)

View Item View Item