Implementasi Manajemen kearsipan dalam meningkatkan administrasi sekolah bidang tata usaha di SMK PGRI 2 Ponorogo

Niamah, Alfi (2020) Implementasi Manajemen kearsipan dalam meningkatkan administrasi sekolah bidang tata usaha di SMK PGRI 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Alfi_Naimah_u_Perpus[1].pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Niamah, Alfi,2020. Implementasi Manajemen Kearsipan dalam Meningkatkan Administrasi Sekolah Bidang Tata Usaha (Penelitian Kualitatif di SMK PGRI 2 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr.Muhammad Thoyib, M.Pd.
Kata Kunci : Manajemen Kearsipan, Administrasi Sekolah
Dalam pelaksanaan kegiatan sekolah, pengelolaan kearsipan adalah sumber informasi dalam perencanaan, pengorganisasian, dan pengevaluasian yang akan dijadikan pedoman dalam pengambilan keputusan. Dengan manajemen kearsipan, sekolah akan memiliki sentral pengelolaan arsip sesuai dengan siklusnya, dan akan meminimalisir kehilangan atau kerusakan arsip. Salah satu alasan pentingnya mengetahui manajemen kearsipan adalah sebagai upaya peningkatan administrasi sekolah. Karena administrasi sekolah tanpa manajemen kearsipan tidak akan mampu berjalan secara efektif dan efisien.
Berdasarkan uraian singkat diatas, peneli bermaksud akan mengadakan penelitian dengan tujuan sebagai berikut : (1) Mengetahui tahap penciptaan arsip dan pengurusan arsip daalam meningkatkan administrasi bidang Tata Usaha di SMK PGRI 2 Ponorogo. (2) Mengetahui tahap penggunaan dan pemeliharaan arsip dalam meningkatkan administrasi bidang Tata Usaha di SMK PGRI 2 Ponorogo. (3) Mengetahui tahap penentuan nasib akhir arsip dlam meningkatkan administrasi bidang Tata Usaha di SMK PGRI 2 Ponorogo. (4) Mengetahui dampak penerapan manajemen kearsipan dalam meningkatkan administrasi sekolah bidang Tata Usaha di SMK PGRI 2 Ponorogo.
Pendekatan ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif. Peneliti secara langsung akan mengetahui keadaan lapangan yang terjadi, sesuai dengan rumusan masalah. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Tahap Penciptaan dan Pengurusan Arsip. Secara singkat tahap penciptaan arsip dilakukan dari pihak internal dan eksternal, dalam penciptaannya harus melalui persetujuan dari kepala sekolah, sedangkan pengurusan arsip dilakukan oleh bagian Tata Usaha secara langsung. Dalam penciptaan arsip ini kepala sekolah sebagai pengendali arsip yang paling utama di SMK PGRI 2 Ponorogo. 2) Tahap Penggunaan dan Pemeliharaan Arsip. secara singkat penggunaan arsip di SMK PGRI 2 Ponorogo diperbolehkan oleh semua pihak dengan perantara staff tata usaha, dan tidak diperbolehkan dalam peminjaman arsip, sedangkan dalam pemeliharaan arsip dilakukan dengan sistem penyimpanan arsip yaitu sistem numerik dn sistem masalah. Dalam penyimpanan memerlukan sarana prasarana yang sesuai dengan standar. Dan memahami kerusakan arsip yang diakibatkan oleh faktor dari dalam arsip dan faktor dari luar arsip. sedangkan upaya yang dilakukan adalah pencegahan dan perbaikan. 3) Tahap Penentuan Nasib Akhir Arsip. Pada tahap ini SMK PGRI 2 Ponorogo melakukan penilaian arsip untuk mengetahui nasib akhir arsip. Ada 2 Kemungkinan terhadap nasip arsip. Jika arsip masih diperlukan maka akan disimpan, namun untuk arsip yang sudah tidak dapat digunakan akan dimusnahkan, secara dibakar atau dijual. 4) Dampak implementasi manajemen kearsipan Tata Usaha di SMK PGRI 2 Ponorogo dirasakan oleh pengguna arsip. Pengguna arsip dengan mudah mencari arsip yang dibutuhkan. Dan bagian lain di SMK PGRI 2 Ponorogo juga semakin mudah dalam bekerjasama melaksanakan kegiatan sekolah. Hal ini menjadi bukti bahwa manajemen kearsipan meningkatkan administrasi sekolah dengan melihat dampak – dampak yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2020 02:32
Last Modified: 12 Jun 2020 02:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10236

Actions (login required)

View Item View Item