Implementasi manajemen life long education dalam membentuk interaksi sosial pada santri PP Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo

Latifa, Wafa Wardatul (2020) Implementasi manajemen life long education dalam membentuk interaksi sosial pada santri PP Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Wafa Wardatul Latifa.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latifa, Wafa Wardatul. 2020. Implementasi Manajemen Life Long Education dalam Membentuk Interaksi Sosial pada Santri Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Umar Sidiq, M. Ag.

Kata Kunci: Pendidikan Seumur Hidup, Interaksi Sosial
Pendidikan seumur hidup merupakan suatu pembelajaran yang menjelaskan perilaku-perilaku yang dikerjakan oleh banyak orang dalam rangka membentuk interaksi sosial yang baik bersama masyarakat yang ada di lingkungannya. Teknologi yang terus berkembang menuntut manusia untuk terus belajar sampai akhir hidupnya agar terus bisa berinteraksi sosial dengan baik karena manusia merupakan makhluk sosial.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perencanaan life long education dalam membentuk interaksi sosial pada santri Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo, (2) memaparkan pelaksanaan life long education dalam membentuk interaksi sosial pada santri Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo, (3) mendeskripsikan implikasi dari life long education dalam membentuk interaksi sosial pada santri Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini ditemukan: (1) Perencanaan pendidikan seumur hidup yang ada di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo dilakukan oleh pengasuh dan para pengurus, perencanaan tersebut disusun pada awal tahun ajaran baru dengan tujuan mencapai harapan yang diinginkan dan dalam proses perencanaan tersebut disesuaikan dengan situasi, kondisi dan juga sesuai dengan tanpa melanggar kebijakan pemerintah yang sedang berlangsung. Dari perencanaan yang dilakukan ini pihak pondok mengharapkan para santrinya menjadi santri yang berpengetahuan luas dalam bidang agama, santri yang tanggap dan juga menjadi santri yang mampu berinteraksi sosial yang baik terhadap masyarakat di lingkungan sekitar mereka. (2) Pelaksanaan pendidikan seumur hidup yang ada di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo dilakukan oleh seluruh santri beserta dengan pengasuh dan pengajar PP Al-Barokah, pelaksanaannya masih belum berjalan dengan lancar karena adanya kendala yang perlu dirundingkan dan dicari solusi dari kendala yang sedang dihadapi. Kegiatan yang dilakukan di PP Al-Barokah dalam memberikan pendidikan seumur hidup untuk membentuk interaksi sosial santri adalah pengajian wekton, di mana santri mendengarkan penjelasan yang diberikan oleh ustadz/ustadzah berdasarkan kitab-kitab terdahulu. Dan melalui contoh secara langsung yang dilakukan oleh pengasuh ataupun ustadz/ustadzah PP Al-Barokah mengenai perilaku-perilaku yang seharusnya dilakukan dan perilaku yang seharusnya dihindari. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut adanya suatu kendala yaitu ketika adanya santri yang belum paham mengenai penjelasan yang diberikan oleh ustadz/ustadzah yang ada dan juga adanya perubahan kebijakan pemerintah dalam menghadapi bencana Covid-19 yang mempengaruhi cara memberikan pendidikan seumur hidup pada santri. (3) Implikasi dari life long education bagi santri adalah perubahan sikap yang telihat pada santri di mana mereka menjadi gemar untuk melakukan gotong royong, peduli lingkungan sekitar dan juga mampu berbuat baik kepada orang lain. Kemudian masyarakat merespon dengan baik dengan adanya life long education.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2020 02:10
Last Modified: 15 Jun 2020 01:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10233

Actions (login required)

View Item View Item