Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Praktik Jual Beli Pakaian Di Pasar Tradisional Gawangan Desa Baosan Lor Kecamatan Ngrayun

Kristatanti, Wiwik (2020) Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Praktik Jual Beli Pakaian Di Pasar Tradisional Gawangan Desa Baosan Lor Kecamatan Ngrayun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
BAB I-V-1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kristatanti, Wiwik. 2020. Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Praktik Jual Beli
Pakaian Di Pasar Tradisional Gawangan Desa Baosan Lor Kecamatan
Ngrayun. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Moh. Mukhlas,
M.Pd.
Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Praktik Jual Beli Pakaian
Kegiatan jual beli merupakan salah satu kebutuhan masyarakat sebagai sarana
untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Pasar merupakan salah satu tempat
yang digunakan untuk melakukan transaksi jual beli oleh masyarakat. Seiring dengan
berkembangnya zaman, yang ditandai dengan perkembangan ekonomi yang sangat
pesat menimbulkan banyak persaingan. Dengan adanya persaingan tersebut pelaku
bisnis menggunakan segala cara untuk mendapatkan keuntungan bahkan sampai
mengabaikan etika dalam bertransaksi. Contohnya, masih banyak para pedagang yang
melakukan penyimpangan dalam penjualan yang terdapat di pasar-pasar tradisional.
Perilaku menyimpang tersebut banyak dijumpai di pasar tradisional antara lain
pengurangan timbangan, pencampuran barang kualitas rendah dengan kualitas bagus,
dan lain sebagainya. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini ialah: (1)
Bagaimana tinjauan prinsip etika bisnis Islam terhadap perilaku pedagang pakaian di
pasar Tradisional Gawangan Desa Baosan Lor Kecamatan Ngrayun? (2) Bagaimana
tinjauan etika bisnis Islam terhadap penetapan harga dalam praktik jual beli pakaian
di pasar tradisional Gawangan Desa Baosan Lor Kecamatan Ngrayun?. Adapun
tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan tinjauan prinsip etika bisnis
Islam terhadap perilaku pedagang pakaian di pasar tradisional Gawangan Desa
Baosan Lor Kecamatan Ngrayun. (2) Untuk mendeskripsikan tinjauan etika bisnis
Islam terhadap penetapan harga pedagang pakaian di pasar tradisional Gawangan
Desa Baosan Lor Kecamatan Ngrayun.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang
menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data melalui
wawancara dan observasi. Analisa data menggunakan metode induktif. Analisis data
yang digunakan adalah teori etika bisnis Islam. Dari penelitian ini dapat disimpulkan
bahwa (1) Perilaku pedagang dalam praktik jual beli pakaian yang dilakukan
pedagang ada prinsip yang terpenuhi yakni prinsip kesatuan, prinsip kehendak bebas
dan prinsip kebenaran. Kesesuaian prinsip tersebut di tunjukkan oleh pedagang dalam
berdagang senantiasa diniatkan ibadah dan mereka juga memberikan kebebasan
kepada pembeli dan juga bersikap jujur, ramah tamah dan sopan kepada pembeli.
Adapun yang belum terpenuhi yaitu prinsip keseimbangan dan prinsip tanggung
jawab. Hal tersebut ditunjukkan pedagang dalam memberikan informasi terhadap
barang yang dijualnya kurang jelas, dan tidak memberikan pelayanan yang baik. (2)
Penetapan harga pakaian di pasar Gawangan sesuai dengan etika bisnis Islam.
Kesesuaian tersebut terlihat pada pedagang dalam menentukan harga pakaian setelah
menghitung biaya-biaya dan mengambil keuntungan tidak lebih dari 70%, pedagang
mengunakan sistem tawar menawar yang penentuan harganya melalui kesepakatan dengan pembeli.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: m.mukhlas
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2020 02:09
Last Modified: 12 Jun 2020 02:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10231

Actions (login required)

View Item View Item