Perspektif ‘Urf Terhadap Tradisi Larangan Perkawinan Mlumah Murep Dalam Adat Jawa (Studi Kasus Di Desa Crabak Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo)

Istiningtyas, Amelia Safitri (2020) Perspektif ‘Urf Terhadap Tradisi Larangan Perkawinan Mlumah Murep Dalam Adat Jawa (Studi Kasus Di Desa Crabak Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI AMELIA SAFITRI UPLOAD E-THESIS PDFF.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Istiningtyas, Amelia Safitri. 2020. Perspektif ‘Urf Terhadap Tradisi Larangan Perkawinan Mlumah Murep Dalam Adat Jawa (Studi Kasus Di Desa Crabak Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo). Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Moh Munir Lc., M.Ag.
Kata Kunci : Perspektif ‘Urf, Larangan Hukum Adat Dalam Perkawinan Mlumah Murep.
Pernikahan merupakan masuk dalam salah satu ibadah dan juga salah satu fase dalam kehidupan manusia yang lazim. Dalam islam banyak sekali ketentuan-ketentuan dalam pernikahan, termasuk larangan pernikahan. Di Indonesia mempunyai banyak sekali budaya, tradisi dan adat istiadat yang dilestarikan secara turun temurun. Salah satunya di pulau Jawa berlaku berbagai macam hukum adat terkait pernikahan salah satunya adalah adat larangan perkawinan Mlumah Murep.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pandangan ‘Urf Terhadap larangan Perkawinan Mlumah Murep di Desa. Crabak, Kec. Slahung, Kab. Ponorogo? (2) Bagaimana perspektif ‘Urf terhadap kepercayaan masyarakat pada akibat yang ditimbulkan apabila melanggar larangan perkawinan Mlumah murep di Desa Crabak Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo?.
Adapun jenis penelitian yang dilakukan peneliti merupakan penelitian kualitatif lapangan, sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan obeservasi dan wawancara. Analisis yang digunakan menggunakan metode deduktif yaitu pembahasan yang diawali dengan mengumakakan dalil dalil, teori-teori atau ketentuan yang bersifat umum dan selanjutnya dikemukakan yang bersifat khusus.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Perpektif ‘urf bahwa dilihat dari macam-macamnya adat larangan mlumah murep tergolong dalam kategori ‘urf fi’li. Sedangkan dari segi ruang lingkup penggunaannya yaitu termasuk ‘Urf khusus. (2) Pandangan ‘Urf terhadap terhadap kepercayaan yang ditimbulkan apabila mempercayai terkait adat larangan perkawinan Mlumah Murep di Desa Crabak khususnya masyarakat yang telah mempercayai akan peraturan tersebut adalah bertujuan agar pernikahan diberi kebaikan dan jauh dari segala kemadlaratan. Dalam hal ini hukum adat tersebut boleh dilaksanakan, dan boleh juga tidak melaksanakan, selagi tidak sampai mengarah pada keyakinan yang mutlak terhadap hukum adat tersebut dan tidak melupakan tuntunan syariat Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh Munir
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2020 01:49
Last Modified: 12 Jun 2020 01:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10220

Actions (login required)

View Item View Item