tinjauan hukum islam terhadap pengelolaan zakat profesi pada karyawan perusahaan otobus haryanto di kudus jawa tengah

'aisyah, siti (2020) tinjauan hukum islam terhadap pengelolaan zakat profesi pada karyawan perusahaan otobus haryanto di kudus jawa tengah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI 'AISYAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

‘Aisyah, Siti. 2020. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pengelolaan Zakat Profesi Pada Karyawan Perusahaan Otobus Haryanto di Kudus Jawa Tengah. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Atik Abidah, M.S.I.

Kata kunci/keyword: Hukum Islam, Zakat Profesi, Fatwa MUI
Zakat profesi ,merupakan zakat yang dikeluarkan dari usaha halal melalui keahlian tertentu. Zakat profesi dianalogikan pada zakat pertanian dan zakat emas dan perak. Dari segi nishab dianalogikan pada zakat pertanian, yaitu sebesar 653 kg padi/gandum dan dikeluarkan pada saat menerimanya, dan tidak ada ketentuan haul. Dianalogikan dengan zakat emas yaitu senilai 85 gram emas dan dikeluarkan pada saat telah mencapai nishab. Dari sudut kadar zakat, dianalogikan dalam bentuk uang, dengan kadar zakat sebesar 2,5%. Pada praktiknya hal tersebut belum sepenuhnya dilakukan oleh Perusahaan Otobus Haryanto. Pengurangan pendapatan dengan memotong gaji karyawan sebesar 2,5% belum memperhatikan batas nishab yang ditentukan oleh Hukum Islam maupun Fatwa MUI Nomor 03 Tahun 2003 tentang Zakat Penghasilan. Padahal hal tersebut juga berpengaruh pada keberlangsungan hidup para muzakki yang notabenenya belum wajib zakat.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap penetapan kadar nishab zakat profesi pada karyawan Otobus Haryanto di Kudus Jawa Tengah; (2) Bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap penyaluran zakat profesi pada karyawan Otobus Haryanto di Kudus Jawa Tengah?

Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara. Metode analisis data yang digunakan peneliti adalah metode deduktif.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa pelaksanaan zakat di Perusahaan Otobus Haryanto belum termasuk dalam kategori zakat profesi di dalam Hukum Islam, akan tetapi lebih kepada tindakan sedekah. Sedangkan penyaluran zakat sudah berdasarkan ketentuan penyaluran zakat pada umumnya. Akan tetapi penyaluran tersebut hanya tertuju pada satu golongan yang termasuk kategori fakir dan miskin. Meskipun demikian, menurut pandangan Hukum Islam, penyaluran zakat tersebut diperbolehkan, karena golongan fakir dan miskin merupakan prioritas utama dalam penyaluran zakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Atik Abidah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2020 02:29
Last Modified: 12 Jun 2020 02:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10214

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item