analisis undang-undang wakaf nomor 41 tahun 2004 terhadap tugas naẒir dalam pengadministrasian dan pengelolaan wakaf (studi kasus di masjid dzu an-nuroin desa ngabar kecamatan siman kabupaten ponorogo)

Indrayana, Putri (2020) analisis undang-undang wakaf nomor 41 tahun 2004 terhadap tugas naẒir dalam pengadministrasian dan pengelolaan wakaf (studi kasus di masjid dzu an-nuroin desa ngabar kecamatan siman kabupaten ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Putri Indrayana Etheses.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Indrayana, Putri. 2020. Analisis Undang-Undang Wakaf Nomor 41 Tahun 2004 Terhadap Tugas Naẓir Dalam Pengadministrasian Dan Pengelolaan Wakaf (Studi Kasus Di Masjid Dzu An-Nuroin Desa Ngabar Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo). Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Miftahul Huda, M.Ag.

Kata kunci/keyword : Pengelolaan, Pengadministrasian, Naẓir

Wakaf memiliki peran penting untuk kehidupan manusia. Naẓir memiliki peran sentral dalam perwakafan karena itu diperlukan naẓir yang profesional guna mengelola wakaf dengan sebaik-baiknya agar tercapai tujuan dari wakaf yaitu sebagai penopang perekonomian umat dan pemerata kesehagteraan masyarakat.
Berangkat dari latar belakang diatas, penelitian ini dilakukan untuk 1) mengetahui dan menganalisa bagaimana tugas naẓir dalam pengelolaan wakaf di Masjid Dzu An-Nuroin. 2) bagaimana tugas naẓir dalam pengadministrasian wakaf di Masjid Dzu An-Nuroin sesuai dengan undang-undang perwakafan yaitu undang-undang nomor 41 tahun 2004

Penelitian skripsi ini menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) yang menggambarkan fenomena secara apa adanya dengan cara mencari data secara langsung dengan melihat objek yang akan diteliti. Metode penelitian dalam penelitian skripsi ini menggunakan pendekatan kualitiatif yaitu pendekatan yang lebih menekankan pada analisis proses kemudian menyimpulkan secara induktif yang diperoleh dari penelitian data di lapangan.
Dari penelitian ini ditarik kesimpulan bahwa 1) Pengadministrasian wakaf konsumtif oleh naẓir telah dilakukan sebagaimana mestinya. Akan tetapi wakaf produktif hanya memperoleh akta ikrar wakaf dan belum mendapatkan sertifikat. 2) engelolaan wakaf komsumtif oleh naẓir telah dilakukan sebagaimana mestinya, wakaf tersebut diperuntukkan untuk tempat beribadah oleh masyarakat dankegiatan keagamaaan rutinan. Dan untuk wakaf produktif juga telah dikelola oleh naẓir yang bekerja sama dengan marbot untuk mengelola sawah tersebut. Akan tetapi upah dari hasil pengelolaan sawah tidak sesuai pada pasal 11 dan 12 undang-undang nomor 41 tahun 2004 tentang wakaf.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Miftahul Huda
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2020 02:17
Last Modified: 12 Jun 2020 02:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10211

Actions (login required)

View Item View Item