Analisis Putusan Hakim Nomor 21/Pdt.P/2019/Pa.Kab.Mn Tentang Permohonan Penetapan Wali Dalam Proses Penjualan Tanah Warisan (Studi Kasus di Pengadilan Agama Kabupaten Madiun)

Endrawati, Afita Retna (2020) Analisis Putusan Hakim Nomor 21/Pdt.P/2019/Pa.Kab.Mn Tentang Permohonan Penetapan Wali Dalam Proses Penjualan Tanah Warisan (Studi Kasus di Pengadilan Agama Kabupaten Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
E -THESES AFITA R.E (210116046).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Retna,Afita,2020. Analisis Putusan Hakim Nomor 21/Pdt.P/2019/Pa.Kab.Mn Tentang Permohonan Penetapan Wali Dalam Proses Penjualan Tanah Warisan (Studi Kasus Di Pengadilan Agama Kabupaten Madiun. Skripsi, Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.Pembimbing Drs. H.M. Muhsin,M.H.
Kata kunci/ keywod. Perwalian, ibu, anak kandung, Penetapan Hakim, Tanah Warisan
Perwalian merupakan hal penting bagi kelangsungan hidup seorang anak yang belum dewasa atau anak yang belum cakap melakukan tindakan hukum. Dalam putusan Hakim No.0021/Pdt.P/2019/PA.Kab.Mn adalah putusan pengadilan Agama Kabupaten Madiun dalam hal Penetapan ibu menjadi wali atas anak kandungnya yang masih dibawah umur, penetapan itu guna agar ibu dapat mewakili anak kandungnya dalam penjualan tanah. Permasalahan yang diangkat dalam penulisan skripsi ini adalah tentang penetapan ibu yang menjadi wali atas anak kandungnya dalam perwalian harta.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana analisis hukum Islam terhadap dasar hukum pertimbangan majelis hakim dalam menetapan ibu berkedudukan sebagai wali harta. (2) Bagaimana analisis hukum positif terhadap perkara permohonan penetapan wali oleh ibu.
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif.Sedangkan tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi.Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif yaitu pembahasan yang diawali dengan mengemukakan kejadian yang terajdi dilapnagan yang bersifat khusus dan selanjutnya dikemukakan dengan dalil-dalil, teori-teori yang bersifat umum.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan adalah (1) pertimbangan hakim berdasar pada penafsiran bahwa ibu dapat ditetapkan menjadi wali karena ibu memiliki hak memelihara (hadhanah). Dan dasar hukum pertimbangan hakim tersebut jika ditinjau dari fikih adalah kurang tepat. (2) Ditinjau dari konsep perwalian dalam Hukum Positif maka perkara permohonan penetapan wali oleh ibu dalam putusan maka permohonan dan penetapan tersebut tepat karena hal tersebut telah sesuai dengan peraturan hukum di Indonesia khususnya pasal 47 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 yang menjelaskan bahwa anak yang masih dibawah umur dan belum pernah melangsungkan perkawinan berada dibawah kekuasaannya orang tua selama hak kekuasaanya tidak dicabut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M.Muhsin
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jun 2020 07:17
Last Modified: 15 Jun 2020 02:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10203

Actions (login required)

View Item View Item