Analisa Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Daun Nilam di Pasar Ngringin Kecamatan Ngrayun Kabupaten Madiun

Ummah, Afif Rohmatul (2020) Analisa Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Daun Nilam di Pasar Ngringin Kecamatan Ngrayun Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL WATTERMARK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rohmatul Ummah, Afif, 2020. Analisa Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Daun Nilam di Pasar Ngringin Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Shofwatul Aini, M.SI.
Kata Kunci : Etika Bisnis Islam, Jual beli dan Takaran.
Salah satu kajian terpenting dalam Islam adalah persoalan etika bisnis. Etika merupakan studi sistematis tentang konsep baik, buruk, benar, salah, dan lain sebagainya. Etika merupakan bagian integral dalam bisnis yang dilakukan secara professional. Dan dalam jangka panjang, suatu bisnis akan tetap berkesinambungan secara terus-menerus dan benar-benar mendapatkan keuntungan, jika dilakukan atas dasar kepercayaan dan kejujuran. Salah satunya terdapat dalam praktik jual beli daun nilam di Pasar Ngringin Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Dalam praktik jual belinya yaitu adanya percampuran kualitas dan ketidakjujuran dalam segi takarannya.
Dari latar belakang tersebut, dapat ditarik rumusan masalah yaitu : 1). Bagaimana analisa Etika Bisnis Islam terhadap praktik jual beli daun nilam di Pasar Ngringin Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo ? 2). Bagaimana analisa Etika Bisnis Islam terhadap takaran dalam jual beli daun Nilam di Pasar Ngringin Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo ?
Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) yaitu suatu penelitian yang dilakukan dalam kehidupan sebenarnya. Dan pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yaitu suatu penelitian yang bermakasud untuk memahami fenomena apa yang dialami oleh subjek penelitian. Hasil dari penelitian ini dianalisis dengan metode induktif, yaitu proses berfikir dari fakta empiris yang didapat di lapangan (berupa data lapangan) yang kemudian dianalisis, ditafsirkan dan berakhir dengan kesimpulan tehadap permasalahan berdasarkan pada data dari lapangan tersebut.
Dari pembahasan ini dapat disimpulkan bahwa dalam proses jual beli daun nilam di Pasar Ngringin Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo ada yang sesuai dan ada yang tidak sesuai dengan prinsip dasar etika bisnis Islam. Karena terdapat penjual yang masih melakukan ketidakjujuran tentang kualitas daun nilam yang diperjualbelikannya dan tidak memberikan informasi yang benar dan jelas kepada pembeli tentang berat timbangannya. Meski tidak semua penjual melakukan hal tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Shofwatul Aini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jun 2020 04:57
Last Modified: 11 Jun 2020 04:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10190

Actions (login required)

View Item View Item