Wijayanti, Sendik (2020) Pengaruh Iklan Melalui Selebgram Endorse dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Kosmetik Implora (Studi Kasus Mahasiswa IAIN Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
sendik thesis baru.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Wijayanti, Sendik. Pengaruh Iklan melalui Selebgram Endorse dan Citra merek
terhadap Minat Beli Konsumen Kosmetik Implora (Studi Kasus
Mahasiswa IAIN Ponorogo)
Kata Kunci : Kosmetik Berbahaya, Produsen, Konsumen.
Kosmetik merupakan suatu alat untuk meningkatkan penampilan tubuh
manusia. Dengan adanya kosmetik, para pebisnis atau produsen berlomba
untuk memproduksi kosmetik, tanpa memperhatikan campuran bahan yang
digunakan dalam pembuatan kosmetik. Salah satu kosmetik yang sudah
beredar dipasaran adalah kosmetik Implora, menurut sumber berita yang
dilansir pada Orennyenews kosmetik Implora menurut BPOM berbahaya,
tetapi tidak semua dari kosmetik Implora mengandung bahan yang berbahaya,
selain itu iklan yang ditampilkan melalui selebgram endorse tidak terlalu
terkenal dibandingkan dengan kosmetik lainnya. Namun, hal tersebut tidak
menyurutkan minat beli para konsumen. Dari permasalahan tersebut penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh variabel iklan melalui
selebgram endorse dan citra merek terhadap minat beli konsumen kosmetik
Implora (studi kasus mahasiswa IAIN Ponorogo).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif
dengan teknik pengumpulan data dengan penyebaran angket. Sampel penelitian
ini berjumlah 100 responden mahasiswa IAIN Ponorogo. Teknik analisis data
dengan menggunakan angket, yang menggunakan uji regresi linier sederhana
dan berganda dengan bantuan SPSS 21. Penelitian ini menggunakan uji
validitas, dan reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis.f
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, iklan melalui selebgram
endorse berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen dengan nilai
signifikansi 0,000 < 0,05, citra merek berpengaruh secara signifikan terhadap
minat beli konsumen dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05, iklan melalui
selebgram endorse dan citra merek secara simultan dengan hasil Fhitung > Ftabel
yaitu 46,465 > 3,09, sehingga Ho3 ditolak dan Ha3 diterima. Jadi, dapat
disimpulkan bahwa X1 dan X2 berpengaruh secara simultan terhadap Y. Uji t
menunjukkan hasil variabel independen yaitu iklan melalui selebgram endorse
dan citra merek, mampu menjelaskan variabel dependen yakni minat beli
konsumen sebesar 48,9% sedangkan sisanya 51,1% dipengaruhi oleh faktor
lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Maulida Nurhidayati |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 11 Jun 2020 04:15 |
Last Modified: | 11 Jun 2020 04:15 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10189 |
Actions (login required)
View Item |