Manajemen Program Pengembangan Vocational Skill di MAN 1 Madiun

Crisjayanti, Martina (2020) Manajemen Program Pengembangan Vocational Skill di MAN 1 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Martina Crisjayanti, Manajemen Program Pengembangan Vocational Skill.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Crisjayanti, Martina. 2020, Manajemen Program Pengembangan Vocational Skill di MAN 1 Madiun. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. AB Musyafa’ Fathoni, M.Pd.I
Kata kunci: Manajemen, Vocational Skill
Manajemen program merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengatur terselenggaranya sebuah program pendidikan agar dapat terlaksana secara efektif dan sistematis. Salah satu program pendidikan yakni program pengembangan vocational skill melalui kegiatan keterampilan yang diselenggarakan di Madrasah Aliyah. Program pengembangan vocational skill ini bertujuan untuk memberikan pengalaman skill kepada peserta didik agar dengan bekal keterampilan tersebut peserta didik nantinya dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dan mempersiapkan peserta didik untuk siap kerja. MAN 1 Madiun merupakan salah satu madrasah penyelenggara program keterampilan vokasional ini, dan untuk melaksanakan program ini diperlukan sebuah manajemen yang baik agar tujuan dari program ini dapat tercapai.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana perencanaan program pengembangan vocational skill di MAN 1 Madiun. (2) Bagaimana pelaksanaan program pengembangan vocational skill di MAN 1 Madiun. (3) Bagaimana evaluasi program pengembangan vocational skill di MAN 1 Madiun.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu jenis penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Objek penelitian ini yaitu mengenai perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program pengembangan vocational skill di MAN 1 Madiun. Dan subjek penelitian ini yaitu kepala madrasah, waka kurikulum dan guru pembimbing keterampilan vokasional di MAN 1 Madiun. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap, antara lain: reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Perencanaan program pengembangan vocational skill dilakukan dengan beberapa tahapan yang meliputi tahap penentuan tujuan diselenggarakannya program tersebut, pengajuan proposal kepada Dirjen Pendis, persiapan pelaksanaan program dengan mempersiapkan SDM, mempersiapkan kurikulum program, mempersiapkan sarana dan prasarana dan sumber pendanaan. (2) Pelaksanaan program pengembangan vocational skill menggunakan usaha, teknik, dan metode. (3) Evaluasi program pengembangan vocational skill menggunakan tekni evaluasi mikro dan evaluasi makro. Evaluasi mikro dilakukan untuk mengevaluasi program pembelajaran keterampilan, sedangkan untuk evaluasi makro, digunakan untuk mengevaluasi keseluruhan program keterampilan vokasional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AB. Musyafa' Fathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2020 06:15
Last Modified: 10 Jun 2020 06:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10177

Actions (login required)

View Item View Item